TAHLIL dalam Ajaran Syiah Ahlulbait Nabi Saw.

 


TAHLIL dalam Ajaran Syiah Ahlulbait Nabi Saw.
----------------------------------------------------------
Perbedaan pertama, dengan Mazhab Sunni bahwa, dalam mazhab Sunni tidak ada hadits yang meriwayatkan sejarah awal mula tradisi tahlilan.
Sedangkan dalam Ajaran Syiah Ahlulbait as/Syi'ah Imamiyah ada, riwayat dari Imam Ja'far Shodiq as yaitu ketika Ja'far bin Abi Thalib gugur :
Rasulullah saw memerintahkan Sayyidah Fatimah as untuk mengirimkan makanan kepada isteri Ja'far, Asma' binti 'Umais selama 3 hari.
Kemudian mengadakan acara berduka selama 3 hari tsb, dari situlah awal mula tradisi tahlilan dlm riwayat Mazhab Ahlulbait.
Imam Muhammad Baqir as menyebutnya "tradisi ini" dengan istilah "Ma'tam". Jadi tidak disebut dengan istilah tahlilan.
Ini riwayatnya:
عن أبي عبد الله (عليه السلام) قال: لما قتل جعفر بن أبي طالب أمر رسول الله (صلى الله عليه وآله) فاطمة (عليها السلام) أن تتخذ طعاما لأسماء بنت عميس ثلاثة أيام، وتأتيها ونساءها وتقيم عندها (ثلاثة أيام)، فجرت بذلك السنة أن يصنع لأهل
المصيبة طعاما ثلاثا .
Maka dari situlah bermula sunnah acara ma'tam. Jadi dalil di Syiah tentang ma'tam dilaksanakan selama 3 hari. Sedangkan di Sunni tahlian selama 7 hari tidak tahu sandaran dalilnya. Itulah perbedaan kedua.
Perbedaan ketiga, dalam Mazhab Sunni tidak ada sunnah untuk berwasiat menabung uang yang diwasiatkan khusus untuk acara ma'tam (tahlilan) tersebut, dalam Ajaran Ahlulbait as/Syi'ah Imamiyah ada.
Ini riwayatnya:
عن زرارة أو غيره قال: أوصى أبو جعفر (عليه السلام) بثمانمائة درهم لمأتمه، وكان يرى ذلك من السنة، لان رسول الله (صلى الله عليه وآله) قال: اتخذوا لآل جعفر طعاما فقد شغلوا.
Imam Muhammad Baqir as mewasiatkan dengan tabungan 800 dirham untuk ma'tam (tahlilan) beliau as.
Catatan : Hadit-hadis atau dalil ma'tam diatas mungkin ada yang berderajat lemah secara ilmu hadits, tapi dengan kaidah yang sudah dimafhumi oleh para ulama, hadits-hadis lemah untuk masalah sunnah dan tidak mengandung keganjilan adalah boleh diamalkan.
المَأتَمُ : (معجم الوسيط)
المَأتَمُ : الجماعة من الناس في حُزْن أَو فرح، وغَلَبَ استعماله في الأحزان. والجمع : مَآتِم.
Ma'tam : Manusia berkumpul yang sedang berada dalam kesedihan atau kegembiraan, akan tetapi biasanya berada dalam kesedihan.
مأتم : (معجم الرائد)
(اسم)
مجتمع الناس في حزن أو فرح ، وبخاصة في الحزن ، جمع : مآتم
Ma'tam : Mengumpulkan manusia dalam suasana kesedihan atau kegembiraan, akan tetapi dgn kekhususan dlm suasana kesedihan

( Sumber dari Sucipto RediantoSahabat buya syakur Yasin Bandung )

Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan