Tv Tarekat | ADAB MEMBACA AL QURA'N



Assalamualaikum warahmatullahi wa Baroqatuh.

Inilah 10 Adab Membaca Alquran supaya bacaan kita menjadi afdal dan mendapat pahala dari Allah SWT
Membaca Alquran menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan , terutama saat bulan Ramadan. Sebab, Allah SWT menjanjikan pahala sepuluh kebaikan untuk setiap satu huruf yang dibaca. Oleh karena itu, ada baiknya kita rutin membaca Alquran untuk mengisi waktu waktu lapang.

Alquran merupakan kalamullah atau yang berarti firman/ perkataan langsung dari Allah SWT. Oleh karena itu, saat membacanya ada adab tertentu yang harus kita lakukan agar mendapat manfa'at dan pahala yang maksimal. Apa saja adab membaca Alquran yang wajib diketahui umat Muslim...?

Berikut adab adab membaca Al Qur'an

1. Berwudhu

Allah SWT sangat menyukai kebersihan. Maka dari itu, sebelum membaca Alquran, hendaknya kita dalam keadaan suci dan sudah berwudhu terlebih dulu.

Anjuran untuk berwudhu sebelum menyentuh dan membaca Alquran tercantum dalam surat Al-Waqiah ayat 77-79 yang berbunyi sebagai berikut.

إِنَّهُۥ لَقُرْءَانٌ كَرِيمٌ. فِى كِتَٰبٍ مَّكْنُونٍ. لَّا يَمَسُّهُۥٓ إِلَّا ٱلْمُطَهَّرُونَ

"Innahụ laqur`ānung karīm. Fī kitābim maknụn. Lā yamassuhū illal-muṭahharụn."

Artinya: "Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia. Pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh). Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan." (QS. Al-Waqiah: 77-79)

2. Membersihkan mulut

Ketika berwudhu, otomatis kita akan berkumur untuk membersihkan rongga mulut. Namun, jika dirasa berwudhu kurang bersih, kita bisa bersiwak atau menyikat gigi sebelum membaca Alquran.

Mulut merupakan tempat keluarnya huruf dalam Alquran. Akan lebih baik, jika kita menyebutkan dan membaca ayat-ayat suci dengan mulut yang bersih.

3. Memakai pakaian yang bersih

Adab membaca Al qur'an selanjutnya adalah memakai pakaian yang bersih dan suci dari najis. Akan lebih baik apabila kita mengganti dulu pakaian yang sebelumnya sudah dipakai dengan pakaian yang bersih.

Pakaian yang bersih akan menimbulkan rasa nyaman. Sehingga, saat membaca Alquran kita merasa tenang dan nyaman. Selain itu, membaca Alquran juga sama halnya dengan menghadap Allah SWT. Tentu akan lebih afdhol apabila kita menghadap Allah SWT dengan kondisi yang bersih.

4. Memilih tempat yang bersih dan menghadap kiblat

Selain tubuh, memilih tempat yang bersih untuk membaca Alquran juga menjadi salah satu adab yang patut diketahui umat Islam. Bersihkan dulu kamar atau ruang ibadah kita sebelum kita menggunakannya untuk membaca Alquran. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk menghadap kiblat saat membaca Alquran. Sebab, sama halnya dengan sholat, membaca Al qura'n juga merupakan ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan.

5. Niat Lillahi ta'ala

Jika diri kita sudah bersih dan tempat membaca Alquran pun sudah dibersihkan, saatnya untuk membaca Alquran. Mulailah membaca Alquran dengan niat Lillahi ta'ala atau niat karena Allah SWT. Sebab, semua kebaikan yang akan kita dapatkan dari membaca Alquran semata-mata datang dari Allah SWT. Jika niat dalam hati sudah baik, niscaya kita tidak akan merasa berat untuk melakukannya.

6. Diawali dengan membaca ta'waudz dan basmallah

Selanjutnya, kita dianjurkan untuk mengawali membaca Alquran dengan bacaan ta'awudz dan basmallah. Tujuannya, agar selama membaca Alquran, kita mendapat perlindungan dari Allah SWT. Ada pun bacaan ta'awudz dan basmallah adalah sebagai berikut.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم

"A'uudzu billaahi minasy syaythaanir rajiim."

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk."

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

"Bismillahirrahmannirrahiim."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

7. Memelihara tajwid

Adab membaca Alquran selanjutnya adalah memelihara tajwid. Artinya, bacaan Alquran harus jelas panjang-pendeknya, bunyi huruf, mengetahui kapan harus berhenti, dan kapan harus dibaca menyambung sesuai dengan ilmu tajwid. Sebab, salah membaca panjang-pendeknya dalam Alquran, dapat mengubah arti dari bacaan tersebut. Oleh sebab itu, usahakan untuk memelihara tajwid saat membaca Alquran.

8. Dibaca dengan tartil

Membaca Alquran haruslah dengan tartil. Yakni membaca dengan perlahan, sehingga terdengar jelas tajwid dan makhraj-nya. Jangan terburu-buru saat membaca Alquran. Resapi dan baca secara perlahan agar kita dapat mendapatkan ketenangan saat membacanya.

9. Bersungguh-sungguh

Saat membaca Alquran hendaknya dilakukan secara bersungguh-sungguh. Artinya, saat membaca Alquran kita harus benar benar khusuk dan terpokus pada Al Qur'an saat membacanya sambil merenungkan dan memerhatikan bacaannya. Dan sebaiknya setelah membaca Al Qur'an maka kita membaca artinya ( melihat tafsir nya )
Agar kita dapat mengambil hikmah pelajaran dari Kalam Kalam Allah yang suci untuk kita lakukan dan kita jadikan pedoman dalam kehidupan kita.

10. Diakhiri dengan membaca do'a

Setelah selesai membaca Alquran, kita dianjurkan untuk mengakhirinya dengan membaca doa. Doa yang dibaca adalah sebagai berikut.

صدق الله العظيم وبلغ رسوله الكريم ونحن على ذلك من الشاهدين

"Shadaqallahul ‘adziim wa balagha rasuuluhul kariim wa nahnu ‘alaa dzaalika minasy syaahidin."

Artinya: “Maha benar Allah Yang Maha Agung dan Rasulnya yang mulia telah menyampaikan dan kami atas hal itu termasuk orang-orang yang bersaksi.”

Demikianlah adab adab membaca Alquran yang wajib diketahui oleh umat Islam. Semoga kita bisa mengikutinya untuk mendapatkan ridha Allah SWT.
Share on Google Plus

About THORIQAT DAN TASAWUF

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan