4 sifat (Usuluddin)



Sifat-sifat 20 diringkas menjadi 4 sifat (Usuluddin)

*Sifat Wujud disebut sifat Nafsiah yaitu untuk badan(jasmani) nyata (ada).
*Sifat Qidam, Baqa, Muhalafalil Hawadits, Qiyamuhu Binasihi dan Wahda Niyat disebut sifat Salbiyah yaitu sifat yg kekal.
*Sifat Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat Sama', Bashar dan Qalam disebut sifat Ma'ani yaitu yg memiliki sifat Nafsiah, jika diteliti bekerjanya pada badan manusia dgn bisa langsung bicara, mendengar dan berfikir.
*Sifat Qadiran, Muridan, Aliman, Hayan, Sami'an, Bashiran dan Mutakaliman disebut sifat Ma'nawiyah yaitu yg memiliki sifat Ma'ani artinya bisa bergerak, berkuasa, mempunyai kemauan dan ilmu.

Itu semua sifat yg utuh untuk menggerakkan terdapat pada sifat Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat, Sama'. Bashar, dan Qalam yaitu yg menghidupi badan manusia sehingga bisa bergerak dan yg menggerakkan terdapat pada sifat Qadiran, Muridan, Aliman, Hayan, Sami'an, Bashiran dan Mutakaliman.

Supaya jelas Dzat Allah bisa menciptakan apa yg di kehendaki, lalu ada bentuk (wujud) manusia yg disebut sifat Nafsiah karena hidupnya manusia mempunyai sifat" 20.
Jadi bekerjanya sifat Ma'ani untuk manusia oleh karena manusia mempunyai sifat" Qadiran dan Mutakaliman.

Tanda" bukti (terbukti) sifat Qudrat (kuasa) itu sifatnya tetap berkuasa.
Untuk manusia kekuasaan itu hanya memakai akibatnya Daya yg memiliki kekuasaan Allah.
*contoh, : salah satunya sifat Dzat.
~> sifat ke 18 (Sami'an) yg mendengarkan itu berada di telinga, jadi ditelinga bisanya mendengarkan memiliki sifat Sama' dan terjadinya sifat Ma'nawiyah itu karena mempunyai sifat Ma'ani.
Jelasnya Dayanya sifat Sama' langsung bisa untuk mengetahui itu sesudah mempunyai sifat Wujud (ujud) / nyata yaitu telinga yg dimiliki manusia.
*Maaf,,, kalau salah penerimaan kadang menjadi lupa dan menganggap Allah itu bertempat pada manusia, padahal sebenarnya manusia itu hanya memakai Hakikatnya sifat" Allah.
Walaupun tidak berada di telinga Allah itu bisa mendengar.

Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Komen