Ilmu Nafas


Ilmu Nafas 

Ilmu Nafas sering disebut dengan Ilmu Zikir Nafas, yaitu pernafasan dengan dengan mengucapkan zikir ismu zat, adapun proses zikir tersebut yang diikuti dengan irama naik dan turunnya nafas, karena dengan zikir nafas kita akan selalu mengerti dalam diri kita mempunyai keyakinan dan keimanan yang haqiqi yang selalu kembali kepada Allah dan hanya untuk Allah semata-mata.
Dikalangan Ulama Sufi berpendapat bahwa nafas adalah kembaran Ruh. Ruh adalah hakikat dan nafas adalah syariatnya di alam ini. Ruh diibaratkan kapal dan ombak bagaikan nafas. Jika ombak tenang maka tenanglah perjalanan kapal, begitu juga dengan Ruh, jika nafas seorang tenang, maka ia memberi kesan pada ruhnya. Oleh sebab itu apabila pernafasan itu baik dan benar maka akan baik pulalah perjalanan ruh dengan Tuhannya.Nafas seumpama alam barzah.
Ilmu Nafas atau zikir nafas bukanlah hal yang baru dan sebenarnya sudah ada sejak zaman Rasulullah Saw dan diajarkan kepada para sahabat dan para pengikutnya untuk latihan riyadah secara khusus,
Didalam pengertian kalimat zikir sebagai mengingat kepada Allah dan zikir merupakan kendaraan agar seorang hamba sampai kehadirat Allah semata-mata. bila manusia sampai kehadirat Allah maka apapun yang manusia kehendaki maka Allah akan mengabulkan segala kehendaknya.
Nafas kita normal keluar masuk sehari semalam sebanyak 24.000x yaitu pada siang 12.000x dan pada malam 12.000x karena inilah jumlah jam sehari semalam 24 jam, pada siang 12 jam dan malam 12 jam, seperti huruf “ Laa Ilaaha Illallah Muhammadur Rasulullah ”, masing-masing mempunyai 12 huruf berjumlah 24 huruf semuanya, barang siapa mengucap dengan sempurna 7 kalimah itu niscaya ditutupkan Allah pintu Neraka yang 7, barang siapa mengucap yang 24 huruf ini dengan sempurna niscaya diampuni Allah Ta’ala yang 24 jam.
Hal Inilah yang menjadi persembahan hamba kepada Tuhannya yang tiada putus-putusnya, nafas adalah sumber kehidupan tanpa nafas maka hancurlah kehidupan ini. Nafas adalah al-Hayat yang datang dari Tuhan ia adalah rahasia Illahi. Para ulama sufi mengamalkan zikir nafas untuk pembersihan rohani sedangkan para ahli praktis tenaga dalam mengamalkan pernafasan untuk mengaktifkan tenaga ghaibnya sehingga dapat melakukan perkara yang luar kekuatan jasad.
Setiap makhluk hidup memiliki nafas, melihat, mendengar, merasa itu semua termasuk didalam sifat Al-Hayat, Manusia boleh hidup tanpa memiliki mata, telinga, tangan dan anggota tubuh lainnya akan tetapi manusia tidak akan dapat hidup tanpa nafas. dan manusia boleh berkata-kata dan melakukan perbuatan apa saja, hal itu semua berlaku karena Qudrat dan Iradat dari Allah dan sesungguhnya nafas berada di dalam Qudrat dan Iradat Allah.
Adapun proses turun dan naiknya nafas dari tubuh kita tidak ada yang awal dan tiada yang akhir, begitu juga dengan jutaan makhluk hidup lainnya, dan nafas juga sebagai penghidup hati dan jasad dengan memahaminya serta mempelajarinya akan membawa manusia kepada kesempurnaan hidup. serta memimpin gerak seluruh anggota badan ini tanpa arahan suara mahupun gerak isyarah.
Nafas sebenarnya bukanlah udara yang keluar masuk melalui hidung yang pada umumnya manusia hanya mengetahui bahwa yang disebut Nafas adalah angin yang keluar masuk dari lubang hidung dan mulut dari luar tubuh kedalam tubuh, udara yang keluar dari mulut atau hidung itu ialah karbondioksida sedang yang disedut masuk itu pula ialah oksigen. Fungsi oksigen ialah untuk memutarkan darah dalam jantung, membolehkan nyawa bergerak, oksigen itu disebut dari luar dimana dia diproses untuk manusia, haiwan, tumbuhan dan alam seisinya.
Pertama-tama Allah mengerakkan Ruhani dari ruhani mengerakan Al-Hayat dari Al-Hayat menggerakkan nafas dan dari nafas menggerakkan jasad dan adalah pada hakikatnya itu Allah juga yang menggerakkan sekalian gerak.
Segala macam gerak atau perbuatan apakah perbuatan diri sendiri ataupun perbuatan yang terjadi diluar dirinya, memiliki dua macam pengertian, pengertaian pertama dinamakan Mubasyarah dan pengertian kedua dinamakan Tawallud kedua macam pengertian ini tidak dapat terpisah satu sama lainnya. Hal ini didasarkan perbuatan Allah
( Sumber dari Hizbun AnNabi wa AaliBaitihi wa Ashabihi )
Sebagaimana firman Allah Swt : “ Tidaklah anda yang melempar ( Hai muhammad ) tetapi Allah lah yang melempar ketika anda melempar “
Zikir Nafas memiliki rangkaian tersendiri dan terbagi menjadi 4 bagian yaitu : Zikir Nafas, Nupus, Tanapas dan Ampas. Keempat perkara tersebut berkaitan diantara satu sama lainnya. Pertama-tama nafas itu kerena ampas, dan hidup ampas itu kerena nupus, manakala hidup nupus itu dengan rahasia dan rahasia itulah yang merupakan rahsia Allah. Nupus, Ampas dan Tanapas itu adalah satu perkara yang ghaib, nafas tidak dapat dirasa, diraba serta dilihat wujudnya.
Sabda Rasululloh Saw : “ Nafas itu suatu jauhar yang masuk dan keluar dari badan, sehingga apabila menjadi kurang ilmu kepadanya, maka iaitu jahil namanya, tiada mulia kepada Allah Ta’ala pada hari kiamat, didalam kubur dan didalam titian Sirat al-Mustaqim. karena sesungguhnya anfas tiada masuk ke dalam tubuh dan tanaffas itu tidak keluar daripada badan ".
Sedang nafas itu masuk dan keluar dari pada badan.” Dinaikkan Tanafas hingga ditempatkannya dengan sempurna di Nufus dengan melihat pada mata hati itu dari Allah dengan Allah dan untuk Allah. Allah mengerakkan Rohani dari Rohani menggerakkan Al-Hayat, dari Al-hayat mengerakkan Nafas, dari Nafas mengerakkan Jasad dan pada hakekatnya Allah yang mengerakkan sekalian yang ada.
Zikir Nafas adalah Nur yang memancar keseluruh jiwa bagi pengamalnya dan besar akan manfaatnya, dengan melakukan zikir nafas akan menghancurkan kebekuan darah hitam yang berada dihati yang dianggap sebagai istana iblis, dan selagi istana Iblis tidak terpecah dan hancur musnah Nur Qalbi sebagai penyuluh lampu marifat yang diharapkan itu tidak mungkin tercapai.
Imam Ghazali mengatakan " Dzikir yang dilakukan dengan cara menahan nafas akan mempercepatkan proses penyucian hati "
Zikir Nafas menghubungkan Hayat Qalbu kita kepada Alam Roh. Nafas datang dan pergi kepada Allah setiap saat dan setiap nafas yang tidak berzikir maka nafas itu tidak akan membawa manfaat kepada Qalbu dan Roh kita. yang pada umumnya manusia tidak sadar bahwa hidup dia di kuasai penuh oleh pengedaran nafas keluar dan masuk dari Allah tanpa zikir nafas ia tidak akan memperolehi barakah dan nikmaat dari Allah
Sebagaimana Rasulullah Saw Bersabda : “ Barang siapa keluar masuk nafas tanpa zikir Allah maka sia-sialah ia ”.
Adapun mengetahui Ilmu Nafas atau zikir Nafas untuk memperteguh keyakinan dan keimanan akan adanya kebesaran Allah, namun disamping itu ada manfaat lain bagi seorang hamba yang mengharap akan suatu keberkahan, maunah bagi kehidupan sehari-hari.
Ilmu zikir Nafas pada zaman dahulu dipelajari dan diamalkan oleh para Nabi dan para Wali, suatu keilmuan yang mengarah ketauhid atau menyingkap jatidiri, kita harus meningkatkan ketaatan ibadah terhadap Tuhan dan dibarengi dengan ilmu agama, Karena ilmu agama adalah ilmu yang akan menyelamatkan diri kita dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.
Pengatahuan zikir Nafas akan menunjukkan pada anda, bagaimana caranya mengatasi berbagai masalah yang mengintai dalam kehidupan serta memuat berbagai alternatif solusinya. rahasia ilmu ini masih banyak hikmah dan manfaat lainnya dan akan sangat bermanfaat pada orang-orang beristiqomah dalam mengamalkan suatu ilmu.
Yang sangat penting adalah niat,jagalah niat,setiap amal dengan niat(ikhtiar/pilihan) maka pilihlah yang abadi,Allah Semata.Berhati-hatilah dengan niat anda,syaitan dapat menipu daya dengan niat yang tidak ikhlas.
Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Komen