Pesan Masyaikh Tarekat Khalwatiyah Samman

Pesan Masyaikh Tarekat Khalwatiyah Samman

"ketahuilah! Bahwasanya Tarekat Khalwatiyah selain sebagai racun yang berbisa ia pun dapat menjadi obat penawar yang sangat mujarab.
Jikalau racunnya yang kita perbuat, maka ia akan menjadi racun yang tidak ada penawarnya di dunia hingga di akhirat.
Namun jika penawarnya yang kita kerjakan, ia akan menjadi obat yang tidak ada racunnya di dunia hingga di akhirat kelak.
Adapun sebab sehingga tarekat ini menjadi racun antara lain: kita telah menerima tarekat ini lalu kita tidak menjaganya dengan baik, menganggapnya sesuatu yang biasa, mencerita jeleknya, tidak menjalankan segala petuah dari Syeikh Mursyd. Dan bahkan ia menganggap Syeikh Mursyd sebagai orang lain. Ia tidak takut dengannya, tidak menghiraukan perintahnya. Demikianlah sehingga Tarekat ini menjadi racun.
Layaknya tanaman bernama siapa dalam bahasa bugis. Jika tanaman siapa ini di komsumsi oleh seseorang sebelum membersihkannya terlebih dahulu, maka ia akan menjadi racun.
Adapun sebab sehingga ia menjadi obat penawar, ialah jika "Barakka" tersebut telah di terima dari Syeikh Mursyd, lalu kita menjaga dan memeliharanya dengan sebaik-baiknya.
Adapun bentuk pemeliharaannya terhadap "Barakka" antara lain: kita menghargai seluruh perkataan dan petuah Syeikh Mursyd. Menyambut dengan suka hati segala perintahnya, seraya melaksanakannya. Dengan mengerjakan yang demikian, berarti Tarekat Khalwatiyah Samman telah menjadi penawar bagi siapa saja yang telah menerimanya.
Ibarat tanaman siapa setelah racunnya di bersihkan, lalu di kosumsi, ia akan menjadi bahab makanan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.
Perumpamaan kedua tarekat ini, sama dengan api. Api di samping bisa mendatangkan malapetaka, ia juga memiliki kegunaan yang tak terhingga. Jika kita mempergunakannya untuk kebaikan dengan sebaik-baiknya, ia akan menjadi sesuatu yang berguna.
Di antara kegunaan api antara lain: dengannya segala yang mentah bisa menjadi masak. Ia mampu menghilangkan kegelapan di malam hari. Begitupula halnya dengan Tarekat Khalwatiyah Samman jika kita senantiasa menjaganya dengan sebaik-baiknya.
Namun sebaliknya, jika kita tidak menjaga api tersebut, malapetaka yang bisa di datangkannya pun sangat besar. Di antara malapetaka tersebut adalah: ia dapat membakar rumah kita, begitu pula harta benda kita, bahkan diri kita sendiri.
Demikian perumpamaannya dengan seorang yang telah menerima barakka lalu menganggap remeh.
Sehingga seyogyianya bagi siapa yang ingin menempuh jalan Tarekat Khalwatiyah ini, mempersiapkan rasa takut kepada Allah dan memantapkan keimanannya karena Allah Ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an:
إِنَّ أَكۡرَمَكُمۡ عِندَ ٱللَّهِ أَتۡقَىٰكُمۡۚ
Artinya: "sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa". (Q.S: Hujarat: 13).
(*Zawiyah Tarekat Khalwatiyah Sammaniyah*)
Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Komen