TV Tarekat | Syarah Kitab Minhajul Muta’limin/ Duratunnasihin - Tanda Orang Celaka!!!



Uraian secara ringkas sifat-sifat orang celaka yang akan merugikan dirinya dan mendapatkan kehinaan dari Allah SWT. (Oleh BuyaDzul)

Dari Nabi Muhammad SAW bersabda:

Alamat orang itu celaka ada empat yaitu:
1.     Melupakan dosa-dosa terdahulu, padahal bukti/catatan dosa-dosa semua itu terpelihara di sisi Allah SWT.

Ini membuktikan jangan pernah kita menyangka dan menganggap sepele setiap dosa yang kita lakukan tidak ada bukti sama sekali disisi Allah ‘Azawajallah. Ingatlah saudara ku, dosa-dosa yang pernah kita dilakukan yang kita sadari atau yang tidak kita sadari akan mendatangkan azab yang besar disisi Allah SWT. Segeralah bertaubat kembali dijalan yang benar, yaitu jalan yang diridhoiNya.

2.    Suka menuturkan amal bagusnya yang sudah lampau, padahal entah diterima atau tidak, tiada diketahui secara pasti.

Kita di tuntut beramal dan beribadah ikhlas semata karena Allah tanpa menuturkannya kepada orang lain. Sebab kalau sudah dituturkan dan di ungkit-ungkit kembali maka akan menyebabkan tertolaknya ibadah seseorang kepada Allah SWT.

3.  Suka memandang orang di atasnya dalam urusan menghimpun harta dunia.

Ia melabuhkan rasa cinta dan kasihnya kepada dunia ini. Ia sudah di perbudak oleh Syahwat hawa nafsunya, sehingga kedudukannya hampir sama dengan hewan dan bahkan lebih hina dari hewan ternak.


4.  Sedang dalam masalah Ubudiyah / amal keagamaan, yang dibuat standar/tolak ukur adalah orang yang di bawahnya.

Artinya Tidak ada usahanya untuk memperbaiki kelemahan dalam urusan ibadahnya, dan bahkan ia memandang urusan agama itu ke bawah. Ia sering menyampingkan urusan agamanya dan mendahulukan urusan dunianya. Padahal dengan agamanya ia tidak akan pernah berpisah untuk selamanya, mulai dari dunia ini sampai akhirat nanti. 

(Kitab Minhajul Muta’limin/ Duratunnasihin).
Share on Google Plus

About Unknown

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan