KE UTAMA'AN MEMBACA SHOLAWAT .

 


KE UTAMA'AN MEMBACA SHOLAWAT .

Para wali yang banyak bertebaran di bumi Allah SWT, senantiasa mengajak umatnya untuk mengajak ke jalan yang benar.
Wali-wali Allah SWT hadir menggantikan para Nabi yang tidak akan diutus lagi setelah Nabi akhir zaman, Nabi Muhammad SAW.
Para wali dan juga ulama serta kyai banyak mengajarkan kepada manusia yang sering melakukan banyak kesalahan dan dosa agar bisa selamat di akhirat nanti. Baik riwayat berupa hadits Nabi Muhammad SAW, maupun berupa kalam para ulama. Menurut Sayyid Muhammad bin Abbas Al Maliki, pena dan buku tidak akan mampu menghimpun keutamaan dalam membacakan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.
Perkataan Sayyid Muhammad ini tidak berlebihan, karena memang Nabi Muhammad SAW merupakan orang pilihan yang dimuliakan oleh Allah SWT.
Membacakan sholawat selain sebagai perintah secara langsung, Allah beserta para malaikat juga melakukannya. Banyak juga keutamaan bagi orang-orang yang membaca sholawat.
Orang yang gemar membaca sholawat dijanjikan pahala yang berlipat ganda. Hal ini sebagaimana riwayat Al Iman Muslim dari Abu Hurairah. Nabi Muhammad SAW bersabda barang siapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat untuknya 10 kali”.
Orang yang gemar membacakan sholawat juga dosanya akan diampuni Allah, sesuai kecintaan dan keikhlasan dalam membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.
Al Imam Al Thabrani dan Abi Ashim meriwayatkan hadits dari Abi khalil yanabi Muhammad SAW berkata kepada saya: Wahai Abu Khalil, barang siapa bersholawat atasku setiap hari tiga kali dan setiap malam tiga kali karena kecintaan dan kerinduan kepadaku, maka hak atas Allah untuk mengampuni dosa-dosanya pada malam itu dan hari itu.”
Dari hadits diatas walaupun kita pendosa, kita masih memiliki satu hak untuk masuk surga dengan gemar membacakan sholawat kepada Rasulullah, Apabila salah seorang diantara kamu membaca sholawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah dan memuji-Nya. Setelah itu bacalah sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki,” ujar Nabi Muhammad SAW terkait keutamaan sholawat yang bisa mengabulkan doa dalam hadits riwayat Al Iman Ahmad.
“Setiap doa akan terhalang (untuk terkabulkan) hingga dibacakan sholawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya,” bunyi hadits yang lain riwayat Al Thabarani.
Keutamaan selanjutnya yaitu orang yang membacakan sholawat akan dikumpulkan di surga bersama Nabi Muhammad SAW seperti hadits riwayat Al Tirmidzi. Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca sholawat kepadaku”. Menjadi keutamaan selanjutnya adalah mendapatkan syafaat Nabi SAW, dan tersebut dalam hadits riwayat Al Muslim.
“Sesungguhnya orang yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali. Lalu mintalah kepada Allah wasilah untukku, karena wasilah adalah sebuah tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan melainkan kepada salah satu hamba Allah. Aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat”.

[ Sumber dari *Raska Prayudashop./ KUMPULAN SYAIR SUFI JALALUDDIN RUMI DAN LAINNYA. ]
 
Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan