Syeikh Ali bin Hasan bin Bakri bin Ahmad Al-Bayanuni Al-Halabi

 

Syeikh Ali bin Hasan bin Bakri bin Ahmad Al-Bayanuni Al-Halabi adalah seorang ulama Syafi'iyah yang sangat besar kecintaannya kepada Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam dan Ahlubait-nya.
Beliau digelari sebagai Maddah Ar-Rasul karena banyaknya menyusun Sholawat dan Qasidah untuk memuji Rasulullah dan Ahlubait-nya.
Syeikh Ali lahir tahun 1290 H di Bayanun, sebuah desa di Allepo, Suriah. Beliau juga memiliki anak yang menjadi ulama besar, yakni Syeikh Ahmad As-Sayyad yang oleh ulama-ulama negeri Syam digelari sebagai Izzuddin (Kemuliaan Agama).
`
Setiap akan melaksanakan ibadah Haji, Syeikh Ali akan terlebih dahulu mengunjungi Madinah. Beliau tinggal disana beberapa waktu sambil banyak-banyak bersholawat kepada Rasulullah, dan membagi-bagikan uang kepada fakir miskin. Setelah itu baru pergi ke Makkah untuk menunaikan ibadah Haji.
Tapi hal berbeda terjadi pada musim Haji tahun 1362 H, dimana saat itu beliau tidak memulai kunjungannya ke Madinah, namun langsung menuju Makkah dan bertamu ke rumah Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki, ayah dari Sayyid Muhammad Al-Maliki.
Kebetulan di rumah Sayyid Alwi sedang dibuka halaqah untuk membahas suatu hal yang rumit dalam ilmu Tasawuf, dan hal tersebut baru terbuka setelah dijelaskan oleh Syeikh Ali. Sayyid Alwi kemudian bertanya darimana beliau mendapatkan ilmu tersebut.
Syeikh Ali menjawab, "Dari manuskrip kuno yang aku miliki." Sayyid Alwi berkata, "Bisakah Syeikh membawakan manuskrip tersebut pada tahun Haji depan, agar kami bisa sama-sama mendapatkan manfaatnya." Syeikh Ali hanya tersenyum sambil menggelengkan kepala.
Beliau lalu berkata, "Wahai Sayyid, tahun ini aku tidak akan kembali ke negaraku. Rasulullah telah menyiapkan tempat terbaik untukku di sisinya. Oleh sebab itulah tahun ini aku pergi dulu ke Makkah sebelum ke Madinah."
Saat itu Syeikh Ali sebetulnya dalam keadaan sehat. Namun setelah ibadah Haji selesai, beliau mendadak sakit. Sesuai permintaannya, Sayyid Alwi membawa Syeikh Ali ke rumah sakit di Madinah. Disana beliau akhirnya wafat setelah dirawat selama tiga hari. Jenazahnya dimakamkan di Baqi.
Seperti yang lazim terjadi di Baqi, dimana makam lama akan dibongkar untuk ditimbun dengan jenazah baru, makam beliau pun mendapat giliran pembongkaran pada tahun ke-4 dimakamkan.
Namun hal aneh terjadi, jasad beliau yang telah terkubur selama empat tahun masih utuh seperti baru meninggal. Pihak Askar pun urung membongkar makam beliau. Empat tahun kemudian, makam beliau kembali dibongkar. Namun lagi-lagi jasad beliau masih utuh.
Akhirnya pihak Askar memutuskan untuk tidak lagi membongkar makam beliau, dan memberi tanda "Syeikh Syami" pada batunya.
Demikianlah keadaan orang yang gemar bersholawat, memuji dan merindukan Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam.
[Sumber kisah dari mukaddimah dari kitab Imdadul Fattah hal. 2 karya Syeikh Abdul Fattah Abu Ghuddah].

Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan