Tv Tarekat | Ulasan Buku MUSYAWARAH BURUNG - SERUAN HUD HUD

Oleh: Fariduddin Attar

Ditulis pada abad ke-12, Musyawarah Burung adalah kisah sufi tentang perjuangan dan ujian jiwa yang perlu dihadapi seorang muslim untuk mencapai darjat kerohanian. 

Diceritakan ribuan burung berkumpul untuk mendengar burung Hudhud yang menjelaskan bagaimana mereka harus mencari burung Simurgh, raja mereka. Banyak burung itu menjauhi dan memberikan alasan: mereka terlalu senang akan cinta atau harta, atau ketenaran, atau sejumlah kesenangan duniawi lainnya, dan tidak melihat perlunya sebuah pengembaraan yang sukar dalam mencari raja setengah-mitos itu.

Akhirnya perjalanan bermula, ziarah burung yang penting ini harus melalui tujuh lembah di mana masing-masing burung menghadapi keterbatasan individu dan ketakutan mereka sendiri. Hanya 30 burung yang menyelesaikan perjalanan, dan menemukan bahawa ternyata diri mereka sendiri adalah Simurgh yang mereka cari-cari. 

Sama seperti semua sastera tasawuf yang berunsur kerohanian, Musyawarah Burung mengajarkan bahawa tujuan dari pencarian adalah penemuan Ilahi di dalamnya. Diapit kisah-kisah kiasan, Attar memikat hati para pembaca dengan cerita pendek penuh pesona dalam bahasa yang indah dan cerdas.

Seperti banyak karya sastra sufi lainnya khususnya puisi, masterpiece Fariduddin Attar ini memiliki kekuatan untuk berbicara baik kepada pelaku tasawuf mahupun orang awam. Di Parsi, sajak-sajaknya tidak hanya dibincangkan secara serius oleh para sasterawan, tetapi juga oleh tukang roti dan tukang kasut yang bahkan mungkin tidak mengenal sastra. Karya Attar menjadi sumber inspirasi dan rujukan bagi banyak penulis era selanjutnya tidak hanya di Parsi tetapi juga di dunia Islam India dan Uthmaniah. Di Parsi, karya ini juga diserap ke dalam versi lebih sederhana untuk kalangan anak-anak muda. Bahkan isi ceritanya menginspirasi banyak pelukis dan adegan-adegannya digambarkan oleh seniman dalam berbagai miniatur.

Penulis: Fariduddin Attar
Penerbit: Titah Surga, 2014
Tebal: 184 halaman
Harga: RM44.00
Utk beli buku ini suka layari link ini:
https://www.layartemirbookstore.com/product/musyawarah-burung/ (link Pembelian)
________
#KitabTasawuf #TauhidTasawuf #KitabSufi #KedaiBukuOnline #KitabAgama #BukuTasawwuf #Sufi #Tasawuf #TintaSufi #KalamUlama #HabibUmar #PenaTarim #ahlussunnah #tasawwuf #ilmu #islam #pencintabuku #FariduddinAttar #MusyawarahBurung
#tanyaSamaHudHud
Share on Google Plus

About Loonaq Records

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan