Tingkat Dzikir khafi (Dzikir sirr)

 


Tingkat Dzikir khafi (Dzikir sirr)

Di dalam ajaran Thariqat Naqsyabandiyah tentu para Murid/salik sudah faham betul tentang 17 tingkat Dzikir khafi (Dzikir sirr) yang hanya di ucapkan di dalam hati saja tidak melalui lisan sperti Dzikir jahar di thariqat lain nya.
Dzikir 17 tingkat harus wajib di khatamkan setelah si murid/salik memasuki amaliah suluk/khalwat selama minimal 10 hari. Tapi biasa nya dalam mengkhatam 17 tingkat Dzikir khafi trsebut biasa nya para salik menghabiskan waktu suluk selama 40 hari.
Tergantung metode dan cara yang di talkin kan guru mursyid masing-masing.
Adapun 17 tingkat teknik Dzikir Khafi dalam thariqat naqsyabandiyah menurut Syeikh Djalaludin al minangkabaw yang beliau tulis di kitab Sinar keemasan jilid 2. Yaitu.
1.Dzikir Ismu Dzat.
2.Dzikir Lathaif.
3.Dzikir Napi Isbat.
4.Dzikir Wuquf.
5.Muraqabah Ithlaq.
6.Muraqabah Ahdiyatul`af`aal.
7.Muraqabah Ma`iyah.
8.Muraqabah Aqrabiyah.
9.Muraqabah Ahdiyatuz `zat
10.Muraqabah Zatus `syarfi walbuhti.
11.Maqam Musyahadah.
12.Maqam Mukasyafah.
13.Maqam Muqabalah.
14.Maqam Muqafahah.
15.Maqam Fanafillah.
16.Maqam Baqabillah.
17.Tahlil Lisan 7 Derajat.
Setiap murid setelah bai`at, ditalkinkan Dzikir Ismu Dzat, mata pelajaran tingkat satu membaca kalimah ï·² sebanyak 5000x pada hati sanubari atau lathifatul Qolbi. Apabila sudah dapat Natijah shamrah Dzikir maka murid atas perintah Syekh Mursidnya dinaikkan derajat Dzikirnya ke tingkat berikutnya, begitu seterusnya hingga tamat 17 tingkat mata pelajaran. Rahasia Dzikir akan diperdapat apabila salik/murid masuk Suluk/Khalwat yang dibimbing dan diawasi langsung oleh Syekh Mursyid. Suluk/Khalwat yakni suatu metode semacam karantina atau training (latihan) intensif dirumah suluk/gedung latihan ruhani, yang sifatnya sementara bertujuan untuk membuang/menghilangkan nafsu/sifat-sifat tercela (Mazmumah), mengusir sifat-sifat syaithaniyyah dan menggantikannnya dengan nafsu/sifat-sifat terpuji (Mahmudah), mendatangkan sifat-sifat Malakiyah agar dekat dengan Allah SWT dan mendapat RidhoNya. Lamanya suluk/khalwat bisa 1,3,5,7,10,21,40 hari sesuai dengan petunjuk Syekh Mursyid. Disamping itu setiap murid TN (Tharekat Naqsyabandiyah) tetap memegang teguh ajaran syariat yang sangat ketat sperti sholat wajib 5 waktu berjamaah dan serangkaian sholat sunnah lain nya yang mana sholat sunnah itu sudah merupakan amaliah wajib bagi para penganut thariqat shufi di mana pun berada.
Catatan : jika ingin mengetahui tata cara pengerjaan 17 tingkat Dzikir Naqsyabandiyah di persilahkan di tanyakan langsung ke Guru mursyid masing-masing atau para khalifah nya yang sudah di beri amanah mewakili syeikh mursyid masing-masing.

( Sumber dari Haris Haris / THORIQAT NAQSYABANDIYAH )
Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan