Nisfu sya'ban

 

Nisfu sya'ban

Nisfu syaban itu pertengahan bulan sya'ban.
Kebesaran hari ini di terangkan oleh Rasulullah saw. ” Malaikat Jibril mendatangiku pada malam Nishfu (15) Sya’ban, seraya berkata, ” Hai Muhammad, malam ini pintu-pintu langit dibuka. Bangunlah dan Shalatlah, angkat kepalamu dan tadahkan dua tanganmu kelangit .” Rasulullah saw bertanya, ” Malam apa ini Jibril ?” Jibril menjawab. ” Malam ini dibukakan 300 pintu rahmat. Tuhan mengampuni kesalahan orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu, kecuali tukang sihir, tukang nujum, orang bermusuhan, orang yg terus menerus minum khamar (arak atau minuman keras), terus menerus berzina, memakan riba, durhaka kepada ibu bapak, orang yang suka mengadudomba dan orang yang memutuskan silaturahim. Tuhan tidak mengampuni merekasampai mereka taubat dan meninggalkan kejahatan mereka itu .” Rasulullah pun keluar rumah, lentas mengerjakan shalat (sendirian) dan menangisdalam sujudnya, seraya berdoa : ” Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab dan siksa-Mu serta kemurkaan-Mu Tiada kubatasi pujian-pujian kepada-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu Maka bagi-Mu lah segala pujia-pujian itu Hingga Engkau rela .” (HR Abu Hurairah)

jadi ibadah2 yang boleh dilakukan pada hari itu adalah:
1. puasa sunnat sya'ban
2. sholat malam (taubah dan tasbih)
3. memperbanyak istighfar dan sholawat, baca Al-Qur'an
dan sebagainya
menurut cerita sejarahnya pada nisfu syaban jg terjadi peristiwa penting.
1. Perpindahan kiblat dari Baitul Maqdis (Masjidil Aqsha) ke Ka’bah (Masjidil Haram).
2. Turunnya Ayat Sholawat Nabi

Jika saya gambarkan Ramadhan itu ada aktifitas puasa, yaitu aktifitas "PERANG" melawan hawa nafsu, nah nisfu sya'ban ini ada aktifitas "BULAN PURNAMA".
Selayaknya sebelum menyambut pertempuran besar, maka adanya persiapan pasukan, inventarisasi kekuatan sebelum maju ke medan laga.
Purnama itu gambaran bulan yang bulat penuh, maksudnya adalah sebelum memasuki perang yang besar, sebelum bertempur dengan hawa nafsu itu hendaknya "bulatkan dan penuhkan TEKAT KEYAKINANMU".Itulah maknanya nisfu sya'ban......
Bulat tekatnya keyakinan diri pribadi dalam berperang abadi melawan penjajahan nafsu2 didalam diri......
Yang belum bulat tekatmu, bulatkan dahulu, jangan ragu2...... yakin, tekat, nekat, wani mati....

Syekh Muhammad zuhri
( Sumber dari Grup Ilmu Tasawuf - Hakikat )


Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan