Hakikat Dzikir

 


Hakikat Dzikir

Dzikir itu bukan sampai banyak melainkan sampai keluh. Man Arafallaha kalla lisanuhu~>siapa mengenal Allah dgn se-benar2 pengenalan, keluh lidahnya(hadits).
Mulut kita berucap Laa ilaaha illallah, darimana munculnya perkataan ini? Dari hati. Laa ilaaha illallah yg dari hati ini, darimana asalnya? Dari Sirr hati. Yg dari Sirr ini darimana? Tentulah dari dlm Sirr~>Rahasia Allah.

Jadi kalo kita cermati, siapa yg sebenarnya berzikir.
Syariatnya~>kita berzikir.
Hakikatnya~>kita menzikirkan yg punya Nama.
Ma'rifatnya~>Yg Punya zikir Berzikir.
Kalo belum tau bahwa yg didlm Sirr ini berzikir, bagaimana kita akan karam dlm zikir? Paling2 kita hanya dpt karam dlm sebutan berzikir saja. Kalo kita dpt yg didlm Sirr itu berzikir tentu berjalanlah kita dgn yg didlm Sirr itu kpd Allah. Inilah amal yg sampai ke Tuhan. Jadi tdk akan mudah untk karam didlm sirr kalo kita tdk mendapati yg didlm sirr itu berzikir.
Takrip zikir(pengenalan jalan zikir sehingga ttp pd tujuan). Kalo kita hendak berzikir perlu dulu tentang takrip dzikir ato tujuan zikir. Yg dikatakan Tariqat itu jalan, jalan menuju kpd yg dimaksud. Yg dimaksud itulah tujuan zikir yaitu Allah. Kalo mulut berzikir menyebut Laa ilaaha illallah, yg didlm sirr itulah yg kekal kpd Allah. Karena Munajatnya orang yg berzikir itu "ilaa ilahu anta maksudi wa ma'rifataka bi a'tini mahabbata wa ma'rifataka"~>tdk ada yg kumaksud hanya Engkau ya Allah.
Kalo sdh Allah yg kita maksud untuk apa terpengaruh dgn yg ter-pandang2 dlm zikir. Kalo terpengaruh dgn yg ter-pandang2 ketika berzikir, berarti kita sdh menyimpang dari maksud semula karena mestinya munajat kita hanya kpd Allah. Allah itu sudah pasti Laisa Kamitslihi Syai'un. Apapun yg ter-pandang2 itu bukan Laisa kamitslihi. Biar syurga sekalipun yg dipandangkan itu tetap bukan yg Laisa kamitslihi. Orang yg tdk bermaksud kpd selain Allah tdk akan terpengaruh dgn itu.
Jadi dlm beramal ibadah apa saja,takrif itulah yg kita pegang

(HAKIKAT INSAN (Mengenal Diri )

Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan