APAKAH MAKSUD TAREKAT?


    APAKAH MAKSUD TAREKAT?

𝐓𝐚𝐫𝐞𝐤𝐚𝐭 𝐀𝐡𝐦𝐚𝐝𝐢𝐚𝐡 𝐌𝐮𝐡𝐚𝐦𝐦𝐚𝐝𝐢𝐚𝐡

Tarekat dari segi bahasa ialah jalan, perjalanan atau aliran.
Manakala dari segi istilah ialah manhaj (metode) rohani dan jalan suluk berasaskan al Quran dan Hadith bagi mendidik manusia untuk sampai kepada Ma`rifah Allah dan kesempurnaan Maqam Ihsan. (Hasyiah Ibni `Abidin, 3/202)
Tarekat merupakan perjalanan khusus bagi orang-orang yang salik untuk menuju kepada Allah dengan memutuskan segala halangan dan menaiki maqam-maqam tertentu. (Al Ta`rifaat, Imam Jurjani. H : 183

Masyyakhah Tarekat Ahmadiah Idrisiah Asia Tenggara )


TAREKAT
Bertarekat itu dibisikkan bukan diteriakkan, maka lunakkanlah suaramu agar memberi bekas yang mendalam. Tarekat itu ilmu rahasia (bersifat ruhaniyah) yang perolehannya hanya dengan jalan diwatiskan oleh ahlinya kepada ahlinya juga, tidak dengan sekedar belajar dari membaca atau mendengar saja. Bisa saja orang tahu dan bercerita banyak tentang tarekat beserta lika liku di dalamnya hanya dari buku literatur yang bertebaran dimana mana. Pendekar yang sudah malang melintang di dunia persilatan pasti mengerti mana orang yang baru belajar silat dengan ahli silat yang sudah suhu tetapi mereka lebih memilih diam sambil tersenyum manis penuh arti. Jika kita adalah ahlinya pasti kita akan menemukan dan mendapatkan bagian kita karena ilmu itu mimang hanya untuk ahlinya. Jangan ragu karena ketetapan Allah tidak akan pernah salah memilih tuannya.

( THORIQAT NAQSYABANDIYAH )





 


 

Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan