Tingkatan Tauhid

 

Tingkatan Tauhid
Asy-Syaikh Al-Arifbillah Al-Mukaram Abuya Syaikh Amran Waly Al-Khalidi an-Naqsyabandi Qaddasallahu Sirrahu menjelaskakan
Tauhid terbagi kedalam 5 tingkatakan
1. Tauhid ilmu atau Tauhid Kalam adalah tauhid dalam pembahasan i'tiqad untuk mensahkan iman dan ibadah seperti yg pernah diterangkan di dalam kitab-kitab ketauhidan dari kitab matan Sanusi hingga kitab ad-Dusuqi berdasarkan aqidah Ahlussunah wal jama'ah yg dirintis oleh Imam Abu Hasan Al-Asy'ari dan Imam Abu Mansur Al-Maturiddi.
2. Tauhid Amal yaitu kita berqashad (berkemauan) berjalan hati untuk mendapatkan keredhaan-Nya melalui pengamalan Thariqoh antara lain Thariqoh Naqsyabandiyah Khalidiyah.
3. Tauhid Ahwal yaitu untuk mendapatkan tajalli, berdasarkan kehadiran-Nya atau uns/berjinak-jinak dengan-Nya. Untuk menghilangkan sangkutan hati selain Allah Ta'ala, terutama saat beribadah.
4. Tauhid Syuhudi yaitu telah Kasyf hijab/tersingkap tabir penghalang bathin karena telah mendapatkan Nur Anwaar Jamaliyah/ pancaran Sinaran Cahaya Kebagusan Dzat yg membawa kepada fana telah hilang wujud selain Allah dalam pandangan nya.
5. Tauhid Wujudi yaitu telah hilang dengan Tamkin/segala wujud selain Allah atau dengan kata lain fana'ul fana telah sampai ke maqam Baqa telah Dhahir tauhid hakiki dan Makrifat ketauhidan pada bathinya untuk menghilangkan syirik Akhfa serta kenifakan didalam dirinya sebagai mukmin sejati.
(Ensiklopedia Ulama Besar Aceh vol I LKAS Lembaga Kesejahteraan Aceh Semata, 2010, hal 207).

Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan