Ma'rifat ` "INNALILLAHI WA'INNA ILLAIHI RAJI'UN" `


Ma'rifat,,
Inti Ma'rifat adalah mengenal diri yg sebenar-benarnya, bahwa kita berasal dari Allah (Qadim) kemudian kembali ke Qadim (Allah) dgn kalimat "INNALILLAHI WA'INNA ILLAIHI RAJI'UN"
Tiga faktor ma'rifat
1. La Ta'yin = belum ada ketentuan.
Ahadiyah=Maha Tunggal.
Dzatul Buhti=Dzat Yg Kekal.
Artinya, disini Allah diumpamakan laut yg tiada bergelombang. Dia lah Tuhan yg maha Suci dan maha Tinggi, tiada martabat di atasNya lagi.
Bahwa manusia sdh ada sejak dahulu dan tiada terpisah dgn Tuhannya. Bahwa kita sdh berada dlm Rahasia Allah, namun karena Allah blm ada nampak mk kita blm juga ditampakkanNya, jadi sejak La Ta'yin manusia sdh tetap dlm rahasia Allah ttp blm ada pengakuan apa2 karena blm nampak dan blm ditampakkan.
2. Ta'yin awal= ketentuan yg pertama
Wahdah= Tunggal
Hakekatul Muhammadiyah=asal mula segala yg ada.
Artinya, disini Tuhan telah menampakkan diriNya, mk ditampakkan-Nyalah manusia itu dahulu (titik) didlm diriNya sendiri seraya melihat dan berkata :Alastu birobbikum?
Mk dijawab dgn :Bala Syahidna. Setelah pengakuan ini terjadi mk Tuhan berkata : Saat ini Aku akan mengambil empat anasar dari tubuhmu, Ku jadikan alam agar engkau menetap kelak, mk kita menjawab dgn kalimat "LA HAULA WALA KUATA ILLABILLAH"
Setelah itu diambillah,
Dari Rahasia dijadikan Api.
Dari Ruh dijadikan Angin.
Dari Hati dijadikan Air.
Dari Tubuh dijadikan Tanah.
Mk jadilah alam semesta dgn segala isinya. Selanjutnya "titik" itu mengembang menjadi banyak, tumbuh dan besar menjadi Alif.
3. Ta'yin Tsani= ketentuan kedua
Wahdiyah=mentauhidkan
Hakekatul Adam=asal mula manusia.
Artinya, bahwa Alif pd Dzat menyelubungi semua rahasia yg ada, disini Allah seumpama laut dgn gelombangnya, sesungguhnya Allah Tuhan yg maha Suci lagi maha Tinggi diumpamakan laut, sedangkan semua yg ada diumpamakan gelombang, adapun gelombang itu tiada terpisah dari laut adanya.
Bahwa ketiga martabat diatas semuanya Qadim, yg terdahulu atau terbelakang hanyalah sebutan saja.
( HAKIKAT INSAN (Mengenal Diri ) )
Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Komen