Nurani


Nurani itu bahasa Al-Hikmahnya adalah " Dhamir " atau Kausasi atau " Ta'lil " ,...dimana dasar dari ketentuan-ketentuan standar ke-baikan yang di-tafsirkan oleh manusia,...Akan selalu ber-dasarkan tahap per-kembangan pribadi dari pelaku-nya.

Akidah-akidah persepsi manusia itu ber-asal dari logika atau bahasa Al-Hikmahnya " Manthiq ",..lewat indra kemudian hadir dari ber-bagai peristiwa,...yang di-alami sejak masa kanak-kanak,..dan se-lanjutnya ter-benam d-bawah alam sadar-nya.

Nurani manusia itu adalah ke-tentuan dasar yang azasi dari Illahi,...yang me-landasi semua perilaku,.....oleh karena itu biasa-nya dalam bentuk ungkapan rasa ( " Wijdaaniyyat " ),...Kemudian men-dorong se-seorang untuk menilai per-buatannya.

Nurani se-seorang ini-lah yang akan mem-batasi makna etika,..mana-kala akidah-akidah di-tawarkan oleh logika kepada akal atau Aqli " yang ber-pikir,..Sehngga manusia ter-hindar dari bahaya tindakan,....yang di-lakukannya.

ke ( HAKIKAT INSAN (Mengenal Diri )


Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Komen