“Ijab Kabul pertama kalinya…


“Ijab Kabul pertama kalinya…

Alkisah..
Setelah Adam diciptakan..
Kemudian Berjalan-jalanlah ia sendiri melihat-lihat keadaan di dalam surga sambil memakan buah-buahan yang di sukainya.. setelah sekian lama berjalan-jalan maka Adam merasa letih dan mengantuk lalu tertidur dia…,
Ketika Adam terbangun dari tidur-nya di dapatinya seorang wanita sedang duduk di dekatnya lalu Adam menyapa perempuan tersebut..
“Siapakah kamu.. ?
Jawab wanita itu “Saya adalah seorang wanita..”
Adam bertanya lagi “Untuk apa kamu di jadikan.. ?
Jawab wanita itu ” Aku di jadikan untuk menemani kamu .. ”
Adam pun memanggil wanita itu datang kepadanya..,
Lalu wanita itu berkata ” Kamulah datang kesini.. !”
Ketika Adam mau menghampiri wanita itu maka terdengar suara “Wahai Adam ! tunggu dulu.. , karena wanita itu belum halal bagimu..,”
Kemudian Allah perintahkan malaikat berkumpul lalu Adam di Ijab Kabulkan di bawah sebuah pohon di surga yang bernama Shajaroti Thaubah.
Di saksikan empat malaikat Jibrail, Mikail, Isrofil dan Izroil.
.. Sebelum di akad nikahkan, malaikat yang berada disamping Adam dan wanita itu bertanya kepada Adam “siapakah namanya wahai Adam ..?
Jawab Adam ” Namanya Hawa !”
Bertanya malaikat lagi “Mengapa Hawa.. ?
Jawab Adam ” Karena dia di jadikan dari benda yang hidup”
Setelah itu barulah Adam dan Hawa di Ijab Kabulkan ,

Tidak lama setelah itu maka turunlah perintah Tuhan kepada Adam seperti yang di nyatakan dalam (Al-A’raf ayat 19) :
“Hai Adam bertempat tinggallah kamu dan isterimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim.”

Singkat cerita….
Iblis berhasil merayu Adam dan Hawa supaya menghampiri pohon khuldi dan memakannya.. setelah memakan buah tersebut maka terbukalah pakaian mereka berduah lalu apa yang terjadi… (keduanya lupa akan perintah Allah)
Maka Allah memanggil mereka berdua.. ” Bukankah Aku telah melarang kamu untuk menghampiri pohon itu.. ?”
Dan Aku telah peringatkan bahwa setan itu musuh kamu yang terang dan nyata (Al-Araf ayat.22)
Adam ketika di suruh oleh Allah mengadapnya pada mulanya dia merasa malu kepada Tuhan dan coba untuk melarikan diri namun…
Tuhan memanggilnya “Wahai Adam kemana engkau akan lari ?”
Jawab Adam ” Tidak wahai TuhanKu.., Ampunkan dosa kami wahai TuhanKu !”
Allah berfirman: “Turunlah kamu sekalian, sebahagian kamu menjadi musuh bagi sebahagian yang lain. Dan kamu mempunyai tempat kediaman dan kesenangan (tempat mencari kehidupan) di muka bumi sampai waktu yang telah ditentukan”. (Al -A’raf ayat 24).
Kita dalami… (dengan Soal –Jawab) sedikit lagi ..?

Soal : Mengapa wanita itu tahu bahwa dia seorang wanita.. ?
Jawab : Sebab dia berasal dari sifat nafsu yaitu hawa dari nafsu Adam di sebelah kiri yaitu nafsu Amarah, Lawammah dan Radhiah dan dia tahu bahwa hawa nafsunya dapat ”menjinakan” lelaki karena dia terdiri dari tiga jenis darah yaitu darah merah, darah putih (benih) dan air susu = dia bukan di jadikan dari tulang rusuk Adam sebelah kiri sebagaimana pandangan umum.

Soal : Mengapa Adam memerintahkan kepada wanita itu supaya datang kepadanya.. ?
Jawab : Karena fitrah manusia wajib mengikut kata-kata seorang lelaki (Rijal).

Soal : Mengapa wanita itu berkata kepada Adam “kamulah datang kesini.. ?
Jawab : Karena fitrah lelaki yang datang melamar wanita (inilah sejarah fitrah ijab dan kabul dan bermulanya halal di antara seorang lelaki dan wanita).

Soal : Mengapa malaikat bertanyakan siapa wanita itu kepada Adam ?
Jawab : Sebab bentuk Adam dan wanita itu berbeda sekalipun mereka berdua memakai pakaian surga yaitu cahaya, lalu.. Adam memberitahu malaikat bahwa wanita itu adalah Hawa.

Soal : Malaikat bertanya Adam mengapa Hawa ?
Jawab : Adam menjawab sebab Hawa di jadikan daripada benda yang hidup, artinya Hawa itu benda yang hidup atau menghidupkan .

Soal : Bagaimana Adam tahu wanita itu Hawa ?
Jawab : Sebab Adam dapat merasakan sesuatu rahasia yang terdapat pada diri Hawa, karena itu pada awalnya dia mau mendekati Hawa lalu terdengar suara menahannya.. “Adam ! tunggu dulu karena ia belum halal bagimu, kemudian dia di ijab kabulkan di bawah pohon bernama sajaroti tauba.

Soal : Mengapa Adam di larang Allah supaya jangan menghampiri pohon itu, dan siapa sebenarnya pohon itu ?
Jawab : Sebenarnya pohon itu adalah Siti Hawa sendiri, (ayat kiasan di dalam Al-Quran yang mengatakan pohon khuldi).

Soal : Jika Siti Hawa itu adalah pohon yang tidak boleh di hampiri oleh Adam, Lalu mengapa.. ? Sedangkan mereka telah Ijab kabul ?
Jawab : Sebab di surga bukanlah tempat untuk berketurunan, .. surga adalah tempat(balasan) bagi manusia yang soleh sebab itu dia di larang menghampiri pohon khuldi (Hawa isterinya).

Soal : Kemudian apakah yang terjadi ?
Jawab : Iblis dapat mempengaruhi Adam dan Hawa.. akhirnya mereka hampir menghampiri, kemudian mereka terus memakan buah itu, yaitu Adam makan buah Hawa dan Hawa makan buah Adam, lalu terbukalah pakaian keduanya..

Soal : Apakah maksudnya makan buah ini ?
Jawab : Maksudnya.. mereka telah melakukan persetubuhan, sebab itu ketika Hawa turun kebumi dalam keadaan mengadung kali pertama,

Soal : Kemudian apa seterusnya.. ?
Jawab : Atas kesalahan Adam melanggar perintah Tuhan maka Allah pun memerintahkan dan arahkan mereka keluar dari surga.. , namun.. Adam bukanlah bersalah karena bersetubuh.., karena ia telah halal sebagai suami isteri akan tetapi dia bersalah karena melanggar perintah Tuhan.., “Jangan hampiri pohon itu.. !”

 Bulan Purnama TAUHID )

 

Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Komen