Alat untuk Ma'rifat

 



MAKRIFATULLAH.

Ilmu makrifat itu adalah ilmu yang ikhlas. Ilmu ini tidak pernah meminta ganjaran pahala atau pun syurga, segala2nya dari Allah kepada Allah. Jangan lah sekali2 mempelajari ilmu makrifat itu hanya untuk mengambil faedah, carilah kaedah agar Allah itu bisa di kenali. Awal2 agama itu mengenal Allah dan awal2 mengenal Allah itu ialah mengenal diri. Kenal diri rata2 maka kenallah Allah yang nyata.

Renung2kanlah........

ke 

Alat untuk Ma'rifat

Alat yg digunakan untuk Ma'rifat telah ada didalam diri manusia yaitu Qolbu (hati). Qolbu selain alat untuk merasa juga alat untuk berfikir.
Bedanya qolbu dgn akal ialah bahwa akal tdk bisa memperoleh pengetahuan yg sebenarnya tentang Tuhan. Sedangkan qolbu bisa mengetahui hakikat dari segala yg ada dan jika di limpahi Cahaya Tuhan bisa mengetahui rahasia-rahasia Tuhan.
Qolbu yg telah dibersihkan dari segala dosa dan maksiat melalui serangkaian dzikir dan wirid secara teratur akan dapat mengetahui rahasia-rahasia Tuhan, yaitu saat hati tersebut di sinari Cahaya Tuhan.

Proses sampainya Qolbu pada cahaya Tuhan ini erat kaitannya dgn konsep "Takhalli, Tahalli, Tajalli".
Takhalli yaitu mengosongkan diri dari akhlak yg tercela dan perbuatan maksiat melalui taubat.
Tahalli yaitu menghiasi diri dgn akhlak yg mulia dan amal ibadah.
Tajalli yaitu terbukannya hijab sehingga tampak jelas cahaya Tuhan.
Dgn limpahan cahaya Tuhan itulah manusia dapat mengetahui rahasia-rahasia Tuhan. Dgn demikian ia dapat mengetahui apa-apa yg tidak bisa diketahui manusia biasa.
Orang yg sudah mencapai ma'rifat akan memperoleh hubungan langsung dgn Allah.

Semua yg ada di alam ini mutlak ada dalam kekuasaan Allah. Ketika melihat fenomena alam, idialnya kita bisa ingat kepada Allah. Puncak ilmu adalah mengenal Allah (Ma'rifatullah). Kita dikatakan sukses dalam belajar bila kita semakin mengenal akan Allah. Jadi percuma saja kita belajar ilmu bila semua itu tidak menjadikan kita makin mengenal Allah.
Mengenal Allah adalah as

ke

 ( HAKIKAT INSAN (Mengenal Diri )

Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Komen