"ILMU YANG BEMANFAAT"




Seseorang yg telah menjadi KEKASIH ALLAH dan telah merasakan dirinya MUHAMMAD maka sungguh dia pasti melewati pintu Sakratul Maut dengan penuh suka cita dan kenikmatan yg sempurna karena diridhoi oleh Allah SWT

Allah tidak melihat (menilai hambanya) dari hati, bukan dari dahi hitam tapi hatinya kotor, jangan cuba untuk hati ke hati, kerana terus berhubung dengan pilot kehidupan ini, alam semesta ini. Jaga hati bukan hati tapi hati orang lain!!!!?
Jangan sebut Hati... Jika anda tidak tahu Hati.


"ILMU YANG BEMANFAAT"

Tuntutlah ilmu kalau ingin selamat Dunia dan Akhirat.
"Ilmu yg bermanfaat yaitu Ilmu yg sinarnya bisa meluas dalam dada, dan bisa membuaka penutup hati".
Ilmu yg manfaat yaitu Ilmu hati, yg bisa membersihkan kotoran kotoran hati, mulai dari aibnya nafsu, aibnya hati ,aibnya Roh, dan aibnya Sirr, dan setelah bersih akan terisi dgn sifat kamal
seperti Iman , Yakin, Tuma'ninah, Muroqobah, Musyahadah dan akhlaq akhlaq hasanah lainnya.
Sinarnya ilmu yg meluas didada itu yaitu munculnya Yaqin ,Ridho, Taslim (pasrah),
merasakan manisnya Iman, dan munculnya Ma'rifat , dan itu semua akan menimbulkan rasa takut dan malu kepada Allah, tenang dan Tuma'ninah dan akhlaq akhlaq hasanah lainnya.
Dan Ilmu yg bisa membuka penutup hati
seperti Ghoflah (lupa kepada Allah) , adapun sebab nya yg Ghoflah yaitu : Ridho dgn hawa nafsunya, sebab ridho dgn hawa nafsunya yaitu : Cinta pada dunia, dan cinta dunia itu pangkal dari pada dosa (kesalahan) ,yg akan menimbulkan Hasud, Sombong, Pemarah, Cepat marah, Bembenci, Bakhil, Cinta kedudukan , Banyak makan, Banyak Minum, Banyak tidur, banyak bicara yg tdk memberi manfaat, Kerasnya hati, dan sifat sifat tercela lainnya.
Dan barang siapa hatinya telah terbuka dari sifat sifat tercela tersebut , maka akan muncul sinarnya Ilmu. Karena Ilmu Billah itu Nur (cahaya) dlm hati.
Sekh Junaidi berkata : "Ilmu itu ialah mengenal Tuhanmu dan tdk melampaui
kedudukan diri zahirmu (hamba).
Nabi Dawud as berkata : Ilmu dalam dada bagaikan lampu dalam rumah .
Imam Malik ra berkata : Yang namanya Ilmu itu bukannya kepandaian atau banyaknya meriwayatkan, tetapi Ilmu itu Nur yg diturunkan Allah kedalam hati nanusia, dan berguna untuk mendekatkan diri manusia kepada Allah,
dan menjauhkannya dari kesombongan.
------
Mudah mudahan kita di bukakan hidayah oleh Allah untuk senantiasa menuntut ilmu agama dan mengamalkannya... Aamiin yaa Rabbal 'alamiin.
Sumber kajian dari kitab Al-Hikam.
Pasal 243..
 ( HAKIKAT INSAN (Mengenal Diri )
Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Komen