AL-QUR'AN



AL-QUR'AN
"Di dalam Al-Qur'an ada dua ayat yang menyebutkan bahwa Al-Qur'an itu di turunkan oleh Allah di dalam diri manusia dengan menggunakan istilah Hati dan Dada.
Pertama : Qs. Al-Baqarah ayat 97.
Katakanlah "Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al-Qur'an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman".
Kedua : Qs. Al-Qiyamah ayat 16.
"Sesungguhnya atas tanggungan Kami-lah mengumpulkan Al-Qur'an (didadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya".
Yang menjadi pertanyaannya ialah..
Alqur'an apa yang dimaksud kedua ayat diatas itu? Mushaf Alqur'an yang dijilid yang diturunkan pada Nabi Muhammad atau Qur'an qadim yang ada didalam diri setiap manusia?..
Kita wajib mengetahui hal ini sebab Alqur'an itu adalah panduan hidup dan mati manusia.
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Mushaf Alqur'an itu kumpulan dari semua huruf hijaiyah dan seterusnya menjadi ayat dan menjadi kitab suci sebagai jalan kita mengenali Tuhan dan diri kita, Alqur'an juga sebagai panduan hidup yang menerangi jalan hidup manusia.
Lalu seperti apa Alqur'an yang sebenarnya itu? Apakah Alqur'an itu berbentuk Jirim? atau Jisim? atau Jawhar? atau berbentuk aradh?
Jika Alqur'an itu berbentuk yang beristilah di atas maka apa yang sebenarnya yang dimasukan oleh Allah didalam hati atau kedalam dada manusia?...
Pandangan sebagian Ulama mengatakan bahwa Al-Qur'an itu adalah Qadim yaitu "Awal tiada permulaan"
Maksudnya Kalam yang Qadim yang menjadi Hak Allah, Jika ia menjadi Hak Allah Maka Qur'an itu tidak boleh bersifat baharu akan tetapi Qur'an itu harus bersifat Qadim. Jadi yang bersifat Qadim itulah yang di turunkan oleh Allah didalam dada atau hati manusia.
Jadi Alquran yang sebenarnya itu Qadim, sedang yang tertulis itu bersifat Baharu (Muhaddats) karena setiap apa yang di katakan Alqur'an itu adalah Kalam Qadim (qidam) ini berarti Alqur'an yang sebenarnya itu bersifat qadim, dan apa-apa yang bersifat qadim itu adalah bagian dari Haq-Nya yang tiada pernah hancur dan berubah.
Semoga bermanfaat...
Asalamualaikum
# Salam TauhidNya Allah
· 
Share on Google Plus

About Tv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 komentar:

Posting Komentar