TvTarekat | Manaqib Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi AlMaliki AlHasani


Manaqib Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki Al Hasani

Ensiklopedi Islam mejelaskan maksud manakib iaitu sebagai sebuah sejarah dan pengalaman spiritual seorang wali Allah Swt. yang di dalamnya terdapat cerita-cerita, ikhtisar hikayat, nasihat-nasihat serta peristiwa-peristiwa ajaib yang pernah dialami seorang syekh. Semuanya ditulis oleh pengikut tarekat atau para pengagumnya dan dirangkum dari cerita yang bersumber dari murid-muridnya, orang terdekatnya, keluarga dan sahabat-sahabatnya (Ensiklopedi Islam:152).

Nasab

Beliau adalah asy-Syaikh al-Imam al-Allamah as-Sayyid Muhammad bin as-Sayyid Alawi bin Abbas bin Abdul Aziz al-Maliki al-Makki al-Hasani, Muhaddits al-Hijaz, Pembaharu Ahlusunnah WalJama’ah Abad 21, dari keturunan Rosulullah SAW. Nasab mulia ini bersambung terus hingga sampai pada Sayyidina Idris al Azhar bin Idris al Akbar bin Abdullah al-Kamil bin al-Hasan al-Mustanna bin al-Hasan as-Sibth bin al-Imam Ali bin Abi Thalib, suami as-Sayyidah Fathimah az-Zahra putri Baginda Rosulullah Shollahu ‘alaihi Wasallam.

Kelahiran

As-Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki al-Makki al-Hasani dilahirkan di Kota Makkah al-Mukarromah, pada tahun 1365 H/1945 M. Tepatnya di kawasan Babus salam tempat kediaman ayahanda beliau dari keluarga pengajar ilmu di Masjidil Haram dan di tanah suci Mekkah – Madinah sejak dari kakek-kakek beliau, seperti yang digambarkan beliau dalam sebuah syi’ir:

سَيِّدٌ عَالِمٌ أَبِيْ ثُمَّ جَدِّيْ * هَكَذَا هَكذَا إِلَى الْمُخْتَارْ

Guru-guru

As-Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki al-Hasani dikenal sebagai orang pecinta ilmu agama, sejak masa muda beliau menimba ilmu agama, sejak usia muda beliau menimba ilmu didalam dan diluar ‘mamlakah Arabiyah Su’udiyah sehingga tercatat guru-guru beliau tidak kurang dari 300 selain dari guru pendidik ayahandanya Al ‘Allamah As Sayyid Alawi bin Abbas al-Maliki al-Hasani, As Syaikh Hasan bin Sa’id al Yamani, As Syaikh Hasan bin Muhammad Al Masysyath.

Masa Belajar

As Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki al-Hasani sejak masa kecil diajari dan di didik langsung oleh ayahanda tercinta As-Sayyid Alawi bin Abbas bin Abdul Aziz al-Maliki al-Makki al-Hasani, kemudian belajar di Madrasah Al-Falah makkah, dimana Ayahanda beliau As-Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki Al-Hasani sebagai guru agama di sekolah tersebut.

Kegiatan Mengajar

Pada tahun 1970 M, beliau Abuya as Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani mulai diangkat sebagai dosen mata kuliah ilmu hadits dan Ushuluddin di Universitas King Abdul Aziz Jeddah dan Universitas Ummul Qura Mekkah, dan pada tahun yang sama beliau juga mendapatkan gelar Doktor HC (Honoris Causa) dari al Azhar asy Syarif, dan setelah wafatnya ayahanda pada tahun 1971 M. Beliau didaulat oleh Ulama’ Ulama’ Mekkah untuk melanjutkan halaqoh ilmiah di Masjidil Haram yang tempatnya sangat mashur dekat Babussalam yang merupakan tradisi turun temurun selama ratusan tahun lamanya yang senantiasa ditekuni oleh datuk-datuk beliau, dan untuk melanjutkan da’wah yang telah dirintis oleh ayahandanya, yang akhirnya halaqah tersebut dipindah oleh beliau ke kediamannya karena adanya tekanan dari Ulama’ Wahabi melalui penguasa kerajaan Saudi sekitar tahun 1980 M. Dan halaqah tersebut tetap berlanjut dengan istiqomah sampai akhir hayatnya, dan Alhamdulillah dilanjutkan oleh putra Beliau As Sayyid Ahmad bin Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani, dan semoga berlanjut sampai akhir zaman. Dan disamping itu juga Beliau mengajar beberapa santri yang datang dari luar Mamlakah ‘Arabiyah Su’udiyah dan ditampung di kediaman beliau dengan segala kebutuhannya, termasuk saya sendiri Ali Karrar Shinhaji, sebagaimana Baginda Nabi Muhammad Shollahu ‘Alaihi Wasallam menampung Ahlus Shuffah dengan segala kebutuhannya, bahkan tidak cukup sampai disitu saja akan tetapi Beliau mendanai mayoritas di tanah suci Mekkah-Madinah yang datang untuk menimba ilmu.

Karya-karya

Disamping beliau bertugas sebagai da’i, pengajar, pembimbing, dosen, penceramah, dan segala bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi Agama, Beliau juga termasuk pujangga besar dan penulis unggulan. Tidak kurang dari 100 judul buku yang telah dikarang oleh beliau, baik buku ilmiyah atau da’iwiyah. Semua buku tersebut telah beredar secara luas diseluruh dunia, bahkan tidak sedikit karangan beliau yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa inggris, urdu, prancis, Indonesia, dan bahasa lainnya, diantaranya kitab Mafahim Yajibu An Tshohhah yang dengan kita tersebut Beliau mendapat gelar Pembaharu Ahlusunnah Waljama’ah Abad 21 oleh Ulama-ulama besar timur tengah.

Kepribadian

As Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki Al Hasani adalah seorang kaya raya yang dermawan dengan kekayaannya sekaligus dermawan dalam ilmu dan waktunya, beliau memiliki sanad keilmuan yang tinggi (sanad ‘Ali). Beliau adalah seorang da’i caliber internasional. Beliau dijunjung tinggi dan disegani alim ‘Ulama di Mekkah dan diseluruh penjuru dunia. Dari rumah beliau telah keluar Ulama’-ulama’ yang siap membawa panji-panji Rosulullah Shollahu ‘alaihi Wasallam ke seluruh dunia. Kita akan menemukan murid-murid beliau di berbagai Negara, misalnya di India, Pakistan, Afrika, Eropa, Amerika, apalagi di Asia yang merupakan orbit da’wah As Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani. Ribuan murid beliau tidak hanya menjadi Kyai atau Ulama’ yang mengajarkan ilmu agama, akan tetapi tidak sedikit diantara murid beliau yang masuk pemerintahan dan berda’wah di lingkungan tersebut. As Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki al Hasani adalah pakar di berbagai bidang keilmuan Islam. Beliau adalah seorang yang masuk dalam kategori Basthotan Fil ‘Ilmi Wal Jismi (Perkasa dalam ilmu dan fisik). Ini terlihat sekali ketiak memberikan pelajaran, baik di Masjidil Haram maupun di rumah. Beliau tidak hanya bertumpu pada ilmu tertentu yang hanya khusus diikuti dan dipahami oleh kalangan tertentu, akan tetapi semua pelajaran yang diberikan bisa diikuti oleh semua kalangan, baik dari kalangan awam maupun pelajar dan intelektual. Semua bisa menerima dan memahami apa yang diberikan oleh Beliau. Maka tidak heran jika kediaman beliau yang besar yang bisa menampung lebih dari 1.000 orang, senantiasa dipenuhi oleh para pencari ilmu yang hadir mengikuti pelajaran dari beliau yang biasa dilaksanakan setelah sholat maghrib sampai seperempat awal malam (sekitar jam 21.00) dengan diselingi dzikir, munajat kepada Allah serta Sholawat dan Salam atas Baginda Nabi Muhammad Shollahu ‘alaihi Wasallam.

Detik-detik Sebelum Kewafatan

Pada detik-detik sebelum kewafatan beliau, Putra-putri dan kerabat Beliau berkumpul di sekitar beliau, dan disusul kemudian oleh para murid beliau, pada saat itu beliau bertanya: “apakah bulan sudah gerhana?” maka orang-orang yang bersama beliau memberi tahun tentang adanya gerhana bulan tersebut, maka Beliau pun mengucapkan لا حول ولا قوة إلا با الله العلي العظيم dan kalimat istirja’ إنا لله وإنا إليه راجعون dan beliau berkata: “Akan wafat kholifatullah semoga Allah SWT merahasiakannya”

Dan beliau bercerita tentang tempat-tempat indah di Syurga dan bidadari, serta tentang ayahanda beliau (Al Marhum As Sayyid Alawi Al Maliki Al Hasani).

Dan Beliau juga mengingat kejadian perang Badar karena saat itu hamper memasuki tanggal 17 Romadhon yang merupakan tanggal kejadian perang tersebut, dan Beliau sering kali tersenyum bahkan sampai tertawa yang sebelumnya tidak pernah terlihat oleh keluarga dan orang-orang terdekat beliau.

Dan Beliau seorang berdo’a untuk tiga hal yaitu: Ingin meninggal diantara murid-murid dan kita-kitab beliau, orang yang nantinya akan menjadi imam mensholati beliau di Masjidil Haram agar supaya imam yang cinta kepada beliau, dan bukan orang yang benci atau memusuhi beliau, kemudian beliau meminta agar jenazahnya sebelum dikebumikan di al Ma’la bisa masuk dulu ke dalam makan Sayyidatuna Khadijah Ra (Istri Baginda Nabi Muhammad Shollahu ‘alaihi Wasallam).

Dan pada kenyataannya semua yang beliau harapkan itu benar-benar diwujudkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dan demikian inilah salah satu bukti kecintaan Allah kepada beliau; Saat-saat akan di sholati di Masjidil Haram, ketika imamnya adalah orang yang kebetulan tidak beliau sukai. Akan tetapi Subhanallah, ditengah-tengah jenazah dimasukkan ke dalam masjid, tiba-tiba si imam tadi tidak bisa mengeluarkan suara, sehingga dia mundur kemudian digantikan oleh imam yang lain, yaitu As Syaikh Muhammad Abdullah Subayyil, seorang imam yang dekat dan cinta dengan beliau. Dan ketika puluhan ribu manusia mengiringi kepergiannya, keranda diusung dari Masjidil Haram menuju kompleks pemakaman Ma’la lautan manusia meliputi jalan-jalan saat itu, bergema tahlil dan dzikir. Subhanallah, ketika dekat dengan kuburan Sayyidatuna Khodijah Ra, entah bagaimana pintu yang menutup makam Sayyidatuna Khodijah Ra, tiba-tiba terbuka, sehingga jenazah beliau dapat memasukinya, baru kemudian dikeluarkan kembali untuk dibawa menuju ke Ma’la

Kewafatan

As Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani setahun sebelum berpulang ke Rahmatullah setiap malam berziarah ke makam Sayyidah Khodijah Ra. Setelah waktu melewati tengah malam, dan pada akhir Sya’ban sebelum bulan wafatnya, beliau menemui salah satu putranya seraya berkata: “Saya telah diterima”, dan pada malam Jum’at 15 Romadhon 1425 H/30 Oktober 2004 M. Sesuai sholat tarawih, beliau didatangi adik kandung beliau As Sayyid Abbas Alawi Al Maliki Al Hasani yang dikenal sebagai Sayyidu Maddahi Rosulillah Shollahu ‘alaihi Wasallam (Pemimpin Pemuji Rosulullah SAW), beliau minta agar sang adik membacakan qosidah dari karya seorang pecinta Rosulullah SAW, di madinah yang berbunyi
(إِذَا مَا مِتُّ فَاحْرِوْلِيْ قَبْرًا * عِنْدَ قَبْرِ الْمُصْطَفَى وَلَوْ شِبْرًا)

Kemudian beliau menyuruh mengulangnya, dan ketika sampai ketiga kalinya, beliau mendadak menoleh ke pintu seakan-akan melihat orang mulia yang akan masuk, kemudian sang adik bertanya: “ada apa?”, beliau menjawab: “Lanjutkan tidak ada apa-apa”, lalau sang adik pamit pulang.
Dan pada pagi harinya beliau berpulang ke Rahmatullah dan dimakamkan di pemakaman Al-Ma’la dilokasi yang terdekat dengan lokasi makam istri Rosulullah Sayyidah Khodijah binti Khuwailid Ra, dan penguburan beliau disaksikan oleh jutaan muslimin yang berada di Mekkah termasuk para pejabat, ulama’, dan muhibbin yang dating dari seluruh pelosok negeri, baik dari luar Mekkah atau dari luar negeri. Semuanya menyaksikan hari terakhir beliau sebelum disemayamkan, semua menyaksikan jenazah beliau setelah disholati di Masjidil Haram setelah sholat isya’. Begitu pula selama tiga hari tiga malam rumah kediaman Beliau terbuka bagi ribuan orang yang ingin mengucapkan bela sungkawa dan melakukan ‘aza’.

Beliau wafat meninggalkan 6 putra, As Sayyid Ahmad, As Sayyid Abdullah, As Sayyid Alwi, As Sayyid Ali, As Sayyid Al Hasan dan As Sayyid Husen dan beberapa putri-putri yang tidak bisa disebut satu persatu disini.

Bisyaroh Barzakhiyah Pasca Kewafatan

Setelah tiga hari dari kewafatan beliau, sebagai santri berziarah kepada makam beliau dan setibanya mereka di Pemakaman al Ma’la datanglah salah satu orang sholeh dari kota Madinah seraya bertanya: “Apakah kalian murid-murid As Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki?, maka santri tersebut menjawab: “Ia”, kemudian orang sholeh tersebut mengatakan: “Rosulullah SAW menitipkan salam untuk kalian dan semua orang yang berguru kepada As Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki”

Di kota Riyadl terdapat salah satu Ulama’ besar Wahhabi berpengaruh yang memiliki banyak pengikut dan termasuk salah satu murid khusus Syaikh Ibn Baz, beberapa hari setelah kewafatan As Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani Ulama’ tersebut bermimpi bertemu dengan dua sosok, salah satunya bercahaya, dan sosok satunya dalam keadaan gelap gulita yang merupakan gurunya sendiri, kemudian Ulama’ tersebut bertanya: “Siapakah yang bercahaya ini?, maka dijawab: “Beliau adalah As Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani yang baru saja wafat di Kota Mekkah”, maka setelah kejadian itu, Ulama’ tersebut beserta pengikutnya bertaubat dan menjadi ulama’ besar Ahlusunnah Waljama’ah serta masuk dalam deretan Ulama’ yang dikafirkan oleh kaum Wahhabi.

Beberapa tahun pasca kewafatan beliau muncul karomah yang sangat menakjubkan, seperti yang diberitakan Majalah Al-Kisah edisi tahun 1432/1433 H. (dari narasumber Al-Habib Segaf bin Hasan Baharun, Bangil). Dan beberapa saksi dari murid-murid beliau diantaranya syaikhs Abu zabibah, As Sayyid Muhammad Jakfar Jamalul Lail selaku salah satu besar beliau, dan salah satu muhibbin bernama Basyir Malebari, tepatnya pada bulan Jumadil Ula 1433 H. sebagaimana kebiasaan di Mekkah, makam-makam yang berusia lama akan dibongkar dan diganti dengan makam baru yang diisi oleh jenazah lain. Pada saat dilakukan penggalian makam beliau, yang pada mulanya sebagian dari mereka menyangka bahwa jenazah beliau sudah hancur, tapi apa dikata?, mereka dibuat tercenggang oleh jenazah beliau yang masih utuh, bahkan rambutnya tambah panjang sedikit, dengan mengeluarkan aroma wangi melebihi kayu gahru.

Padahal jenazah sudah terbukut sekian tahun lamanya. Subhanallah, berkat kejadian ini banyak orang salafi-wahabi bertaubat, dan sebelum kejadian ini memang pernah dilakukan penggalian serupa sesudah enam bulan dari kewafatan beliau namun jasad beliau masih tetap utuh dan sempurna.
Beliau memang sudah meninggalkan dunia yang fana ini, akan tetapi tetap hidup dalam hati. Bahkan hubungan beliau dengan murid-murid dan para pecintanya terus tersambung, sekalipun sudah berpindah alam. Banyak diantara murid beliau yang bermimpi mendapat petunjuk dan arahan dari beliau. Ketika ada diantara mereka yang mendapatkan suatu masalah, beliau datang dalam mimpi muridnya untuk membantu memberikan solusi. Demikianlah para auliya’ yang tidak pernah putus mendapatkan rahmat dari Allah SWT, sekalipun sudah berada dialam barzakh.

Selamat tinggal pemimpin umat yang tak bisa kami lupakan dalam pendiriannya dan keikhlasannya. Selamat tinggal pahlawan yang jujur, ikhlas dalam amal dan perbuatannya. Selamat jalan…. Selamat jalan,.. kebaikan dan kemuliaan engkau telah meliputimu semasa hidupmu dan disaat wafatmu. Engkau telah hidupi hari-hari mu didunia dengan mulia, dan sekarang Engkau telah terima imbalanya disaat wafatmu pula dengan mulia. Jika sekarang kita telah berpisah untuk sementara, maka kami pasti akan menyusulmu Insya Allah dan kita pasti akan bertemu dan berkumpul kembali…. Aamiin Yaa Robbal Alamin.

Sumber : www.muhibbinabuya.com

# Helmi Assyafie

Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan