ZIKIR TURUN NAIK NAFAS.. AMALAN SALIK..

 


ZIKIR TURUN NAIK NAFAS.. AMALAN SALIK..
"Jika Asma Allah diucapkan sekali saja dengan lisan, itu disebut dzikir (mengingat) lisan, namun jika Nama Allah itu diingat dengan hati, maka itu akan sebanding dengan tiga puluh lima juta ucapan-ucapan ( dzikir ) lisan, itulah dzikir hati atau dzikir sirr..
Ada 35 juta pembuluh darah dalam tubuh, dan semua terhubung ke jantung, Jika Nama Allah diucapkan bahkan sekali saja ( dengan hati ) maka semua yang mengalir mengucapkan juga..
Rasulullah saw bersabda : “Wahai Abu Dzarr, Berzikirlah kepada Allah dengan zikir khamilan”
Abu Dzarr bertanya : “Apa itu khamilan?”
Sabda Rasul : “Khafi ( dalam hati )”
* TAHAP pertama zikir adalah zikir LISAN,
* Kemudian zikir QALBU yang cenderung diupayakan dan dipaksakan,
* Selanjutnya zikir qalbu yang berlangsung secara luas, tanpa perlu dipaksakan, serta yang terakhir adalah ketika Allah sudah berkuasa di dalam qalbu disertai sirnanya zikir itu sendiri..

Inilah rahasia daripada sabda Nabi saw : ”Siapa ingin bersenang-senang di taman syurga, perbanyakkanlah mengingat Allah”
TANDA bahwa sebuah zikir sampai pada SIR ( nurani yang terdalam yang menjadi tempat cahaya penyaksian ) adalah ketika pelaku zikir dan objek zikirnya lenyap tersembunyi..
Zikir Sir terwujud ketika seseorang telah terliputi dan tenggelam di dalamnya, Tandanya, apabila engkau meninggalkan zikir tersebut ia takkan meninggalkanmu..
Zikir tersebut terbang masuk ke dalam dirimu untuk menyadarkanmu drp kondisi tidak sadar kepada kondisi hudhur ( hadirnya qalbu ), Salah satu tandanya, zikir itu akan menarik kepalamu dan seluruh organ tubuhmu sehingga seolah–olah tertarik oleh rantai..
Indikasinya, zikir tersebut tak pernah padam dan cahayanya tak pernah redup, Namun engkau menyaksikan cahayanya selalu naik turun, sementara api yang ada di sekitarmu senantiasa bersih menyala.
Zikir yang masuk ke dalam sir terwujud dalam bentuk diamnya si pelaku zikir -
seolah–olah lisannya tertusuk jarum Atau semua wajahnya adalah lisan yang sedang berzikir dengan cahaya yang mengalir daripadanya..
KETAHUILAH anda , setiap zikir yang disadari oleh qalbumu didengar oleh para malaikat penjaga, Sebab perasaan mereka beserta perasaanmu, di dalamnya ada sir sampai saat zikirmu sudah ghaib drp perasaanmu karena engkau sudah sirna bersama Tuhan, zikirmu juga ghaib drp perasaan mereka..
Kesimpulannya, berzikir dengan ungkapan kata–kata tanpa rasa hudhur ( kehadiran hati ) disebut zikir lisan, berzikir dengan merasakan kehadiran qalbu bersama Allah disebut zikir qalbu, sementara berzikir tanpa menyadari kehadiran segala sesuatu selain Allah disebut Zikir Sir, itulah yang disebut dengan Zikir Khafiy
Allah SWT berfirman :
“Dan berzikirlah kepada Tuhanmu dalam hatimu ( nafsika ) dengan merendahkan dirimu dan rasa takut dan dengan tidak mengeraskan suara di waktu pagi dan petang dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai” (QS 7 : 205)
* REZEKI lahiriah terwujud dengan gerakan badan,
* REZEKI batiniah terwujud dengan gerakan qalbu,
* REZEKI sir terwujud dengan diam, sementara
* REZEKI akal terwujud dengan fana daripada diam sehingga seorang hamba tinggal dengan tenang untuk Allah dan bersama Allah..
Nutrisi dan makanan bukanlah konsumsi rohani, melainkan komsumsi badan, Adapun yang menjadi konsumsi rohani dan qalbu itu adalah dgn mengingat Allah Zat Yang Maha Mengetahui segala yang ghaib.. Allah SWT berfirman : “Orang–orang beriman dan qalbu mereka tenteram dengan mengingat ( zikir kepada ) Allah.”
Semua makhluk yang mendengarmu sebenarnya juga ikut berzikir bersamamu, Sebab engkau berzikir dengan
Lisanmu, lalu dengan qalbumu, kemudian dengan nafs–mu, kemudian dengan rohmu.
Selanjutnya dengan akalmu dan setelah itu dengan sirmu.
Bila engkau berzikir dengan lisan, pada saat yang sama semua benda mati akan berzikir bersamamu.
Bila engkau berzikir dengan qalbu, pada saat yang sama alam beserta isinya ikut berzikir bersama kalbum. Bila engkau berzikir dengan nafs–mu, pada saat yang sama seluruh langit beserta isinya juga turut berzikir bersamamu...
Bila engkau berzikir dengan rohmu, pada saat yang sama singgasana Allah ( ‘Arsy ) beserta seluruh isinya ikut berzikir bersamamu..
Bila engkau berzikir dengan akalmu, para malaikat pembawa Arsy dan roh orang–orang yang memiliki kedekatan dengan Allah juga ikut berzikir bersamamu..
Bila engkau berzikir dengan sirmu, Arsy beserta seluruh isinya turut berzikir hingga zikir tersebut bersambung dengan zat–Nya..
Imam al-Baqir dan Imam ash-Shadiq as berkata : “Para malaikat tidak mencatat amal soleh seseorang kecuali apa-apa yang didengarnya, maka ketika Allah berfirman : “Berzikirlah kepada Tuhanmu dalam hatimu ( nafsika )”, tidak ada seorangpun yang tahu seberapa besar pahala zikir di dalam hati daripada seorang hamba-Nya kecuali Allah Ta’ala sendiri
DI DALAM riwayat lainnya disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda : “Zikir diam ( khafiy ) 70 kali lebih utama daripada zikir yang terdengar oleh para malaikat pencatat amal.. “ (Al-Hadi
Bila sang hamba mampu melanggengkan Zikir Khafi serta meyakini bahwa semua Alam Lahir dan Alam Batin merupakan pengejewantahan drp nama-nama-Nya
maka ia akan merasakan kehadiran-Nya di semua tempat dan merasakan pengawasan-Nya dan jutaan nikmat-nikmat-Nya. Perasaan akan kehadiran-Nya iniakan mencegah sang hamba drp berbuat dosa dan maksiat..
[ Sumber: ngaji diri /Ashabul Kahfi.]
Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan