BERSATUNYA BARAT DAN TIMUR,DAN LAHIRNYA TARIAN SUFI

 

SYAIR-SYAIR RUMI ; BERSATUNYA BARAT DAN TIMUR,DAN LAHIRNYA TARIAN SUFI
Jalaluddin Rumi, penyair mistik terbesar Persia. Lahir di Balkh (1207), sebuah kota di Propinsi Khurasan, Persia Utara, dibawah kekuasaan raja terbesar M. Shah dari Dinasti Khawarizmi.
Rumi dapat melihat bagaimana cara berpikir orang Timur dan Barat yang sangat berbeda, namun demikian ketika membahas tentang Rumi mereka tiada lagi tersekat-sekat, Rumi adalah sosok yang memberikan keteduhan dan jawaban kepada dunia Barat mengenai konstruksi Islam dan kekerasan yang dipromosikan secara masiv. Dunia Islam bangga memiliki Rumi dengan karya-karya yang dicintai semua agama dan semua kalangan (Barat dan Timur).
Berpikir tentang Maulana Rumi akan menarik sebagai bahan studi karena karya karyanya. Mengapa?, pertama, karyanya sebagian besar berupa sastra Persia dalam bentuk syair-syair. Kedua; Rumi adalah seorang sufi besaryang kebesarannya telah di akui, tidak hanya oleh para pemikir Islam tapi juga oleh para pemikir Barat.
Melihat Islam tentu kita tidak bisa meninggalkan kajian berdasarkan pendekatan studi kawasan ( area studies)Islam; yang meliputi:
1. kajian islam di wilayah Hijaz ( Mekkah, Madinah dan sekitarnya.
2. kajian islam di wilayah Mesir dan sekitarnya
3. kajian islam di wilayah Turki
4. kajian islam di wilayan Persia
5. kajian islam di wilayah Asia Tenggara
6. kajian islam di wilayah Barat ( Eropa dan Amerika)
Seluruh kawasan dunia Islam seharusnya menjadi fokus kajian para pengkaji dan pemikir muslim, terlepas apakah kita setuju atau tidak setuju dengan aliran teologi maupun madzhab fikih nya, terlepas pula dari apakah kita setuju aliran mistiknya maupun aliran politiknya.
Guru Rumi adalah Syamsuddin at-Tabrizi yang dianggap oleh para sufi sebagai penerang (hierophant) utama dan penunjuk jalan menuju Tuhan. Pada suatu ketika karena suatu sebab sang guru sekaligus sahabat itu pergi dan menghilang pada tahun 1247. Inilah momen kesedihan Rumi sehingga menghasilkan karya karya yang melow karena kehilangan dan menggambarkan luapan emosinya. Kesedihan akan kehilangan sahabat yg bernama Syamsuddin Tabrizi menyebabkan Rumi melembagakan tarian religius Mevlevi yang khas dengan iringan syahdu seruling bambu. Dimana tarian ini sangat mendunia di semua kalangan terutama yang tertarik pada ilmu tasyaub, ma'rifat dan sufistik juga orang umum atau agama lain. Inilah bagusnya karya Rumi yang telah menyatukan semuat umat.
Sumber; dari jurnal dan kajian kajian tentang sufi.
LS Juli 2021
Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan