KEKALKANLAH ZIKIR DIDALAM HATI ( QALBU )





KEKALKANLAH ZIKIR DIDALAM HATI ( QALBU ) HINGGA RASA YG HAQ ITU HADIR.. KARENA MAKANAN HATI ITU TIADA LAIN HANYA ZIKIRULLAH... UNTUK MENCAPAI KESEMPURNAAN JIWA KEPADA PEMILIK JIWA ITU...!!!

Nikmatnya berdzikir mengingat Allah ...

"KETAHUILAH,
BAHWASANYA DIDALAM TUBUH SESEORANG ITU ADA SEGUMPAL DAGING, YANG APABILA SEGUMPAL DAGING ITU BERSIH, BERSIHLAH TUBUH SEMUANYA, DAN APABILA RUSAK, RUSAKLAH TUBUH SEMUANYA, DAN KETAHUILAH, DIA ADALAH HATI"
Hati adalah tempat kedatangan kasyaf (membuka hijab rahasia Allah) dan ilham (tempat petunjuk).
.
Ia berfungsi sebagai alat untuk marifat dan menjadi cermin yang memantulkan (tajalli) makna-makna yang sirr
Adapun yang dimaksud dengan tempat kasyaf atau ilmu batin adalah cahaya yang terang dalam hati yang bersih yang mendatangkan
marifatullah yang hakiki,
dia adalah suatu cahaya yang menghilangkan tutup (tabir) hingga menjadi jelas kenyataan Allah,
sangat jelas sekali sama dengan penglihatan mata yang tidak diragu-ragukan lagi.
Sedangkan yang dimaksud dengan ilham adalah petunjuk dari Allah secara insting atau secara spontanitas yang merupakan perwujudan ilmu laduni.

Hati agar dapat selalu bersinar perlu dibersihkan dan alat pembersihnya adalah dzikir kepada Allah, sebagaimana disebutkan dalam hadist:

"BAHWASANYA BAGI TIAP-TIAP SESUATU ITU ADA ALAT UNTUK MENSUCIKAN DAN ALAT UNTUK MENSUCIKAN HATI ITU IALAH ZIKRULLAH"


Allah memerintahkan kaum Mukminin untuk banyak berdzikir kepada-Nya dan Allah memuji orang-orang yang banyak berdzikir. Allah berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا ﴿٤١﴾ وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا
"Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allâh, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.” [al-Ahzâb:41-42]
Orang yang mencintai sesuatu akan banyak mengingatnya, dan orang yang banyak mengingat sesuatu (meskipun pada mulanya ini adalah bentu pembebanan) pasti akan mencintainya. Begitu halnya dengan orang yang berdzikir kepada Allah.
Hati orang-orang yang mencintai Allah tidak akan tenang kecuali dengan dzikir kepada-Nya dan jiwa orang-orang yang rindu kepada-Nya tidak tenang kecuali ingin berjumpa dengan-Nya.
قال مالك بن دينار رحمه الله: ما تنعم المتنعمون بمثل ذكر الله.
(حلية الأولياء وطبقات الأصفياء، ٣٥٨)
Berkata Imam Malik bin Dinar رحمه الله,
Tidaklah orang-orang yang mendapatkan kenikmatan itu merasakan kenikmatan yang bisa menandingi kenikmatan berdzikir (mengingat) Allah.
(Hilyah Al-Auliya' wa Thabaqathul Asfhiya', 358)
Selamat beraktifitas, semoga hari ini Allah memudahkan urusan dunia dan akhirat kita.....
Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Komen