Zikir, Cara Bertemu Allah Tanpa Harus Mati



Zikir, Cara Bertemu Allah Tanpa Harus Mati


Bagaimana zikir bisa menuntun seseorang kejalan yang benar? Bagaimana ruh melalui perjalanan bathin bertemu dengan Tuhannya? Dan manusia tak harus mati untuk bertemu dengan Allah, tetapi matikanlah dirimu sebelum dirimu benar-benar mati.

Hati menjadi tenang ketika kita mengingat kalimat Allah, dengan zikir maka Allah berjanji bahwa setiap insan yang mengingatnya akan selalu diberi kemudahan dalam segala hal. Berzikir, maka hatimu akan menjadi tenang, berzikir maka kamu akan menemukan Tuhan Penciptamu. Zikir, bertemu pada Allah tidaklah semudah yang difikirkan.

Banyak orang-orang yang zikir justru tersesat kedalam lembah hitam dimana mereka mengira bahwa jalan itu adalah yang paling benar. Ada dua hal dimana manusia dalam keadaan berzikir mereka diperlihatkan melalui fikiran-fikiran yang mustahil, sesuatu yang disebut Haq dan Bathil.

Petunjuk Dalam Zikir
Insan yang dihadapkan pada petunjuk (penglihatan) kebanyakan mereka terlena dalam percakapan antara ruh dan objek yang dilihatnya. Mereka menganggap ini sudah cukup, lalu dimana hakikat insan yang ingin bertemu Tuhannya jika dalam perjalanan bathin pun masih diperdaya tipu muslihat Jin dan Syeitan? Ingatlah pada janji Iblis, dan ketika kita semakin jauh mendalami hakikat maka Allah semakin mengujimu.

ruh, bertemu allah
Apa yang dimaksud petunjuk, penglihatan, ataupun gambaran dalam perjalanan bathin ketika zikir? Sebuah objek tidak akan pernah tampak jika tidak diperlihatkan, begitulah kebesaran Allah yang member gambaran atau petunjuk melalui hati seseorang. Gambaran ini seperti hayalan atau fikiran yang tanpa disadari datang begitu saja ketika seseorang melaksanakan zikir. Mereka yang awam justru menganggap hal ini mengganggu kosentrasi (khusuk) sehingga tak lagi mengingat jumlah zikir yang diucapkan.

Pada hakikatnya, tubuh dan hati yang mengucap astma Allah senantiasa diberi petunjuk dan jika seseorang itu sadar akan petunjuknya, maka akan semakin cepat bertemu Allah. Dan banyak orang tidak meyakini bahwa fenomena ini sebagai jalan berkomunikasi dengan Tuhannya, sesuatu yang sulit diterima akal fikiran.

Maka bicaralah pada hati nurani yang tidak pernah berdusta, tidak seperti akal fikiran yang sering memberikan lebih dari satu jawaban karena fikiran adalah wadah nafsu, kursi iblis dan jin.

Ketika seseorang mendirikan sholat, dia hanya menjalankan kewajiban dimana syariat menjadi tiang utamanya. Pada dasarnya sholat adalah jalan untuk bertemu dengan Allah, apakah kalian sudah bertemu dengan Allah ketika mendirikan sholat? Atau hanya secara khusuk membaca ayat-ayat dalam sholat, kalimat demi kalimat dan menganggap ibadah itu sempurna?

Dan banyak orang berfikir untuk bertemu dengan Allah haruslah mati terlebih dahulu, tapi tidaklah demikian karena Rasulullah pun Isra’ Mi’raj dan bertemu dengan Allah, begitu juga umatnya bisa berkomunikasi dengan Allah melalui jalan Tarikat. Dan matikanlah dirimu ketika menghadap Ku sebelum kau benar-benar mati.

Tak ada jalan singkat berkomunikasi dengan Allah, memahami kebesaranNya melalui 20 sifat yang dimilikiNya, tak lain dengan jalan zikrullah, laillahaillallah… dimana jika kalimat ini ditimbang jauh lebih berat daripada tujuh lapis langit dan Bumi.

Pada dasarnya, ilmu Islam terbagi kedalam empat bagian, dimana menguasai keseluruhannya merupakan kesempurnaan ajaran Islam. Mereka yang menjalani ini termasuk kaum sufi, dan empat bagian yang bisa diketahui itu adalah:

Ilmu Fiqih yang mengatur segala syariat yang bersifat lahiriah
Ilmu Tashawuf yang mengatur tarikat bersifat pembersih hati manusia (kalbu0
Ilmu Kalam (ushuluddin, tauhid, akidah) yang mengatur hakikat yang melepaskan umat dari syirik
Ilmu Hikmah (rahasia-rahasia Allah) yang ditujuki Allah kepada orang-orang yang dikehendaki sebagai ilmu ma'rifah. Maka Allah telah menegaskan dalam firman-Nya:

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan Hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk (An-Nahl 16:125)

Apa yang dimaksud ilmu Hikmah merupakan rahasia-rahasia Allah yang ditunjuki kepada para nabi yang disebut Mukjizat, kepada para wali disebut Karomah, kepada Raja-raja adil disebut Daulat, kepada umat yang dikasihi dan jujur disebut Ma'unah, dan kepada orang-orang kafir pun diberikan Allah yang disebut Sihir.

Bermula tarikat ini atas bilangan huruf (Nun-Qaf-Jim-Mim). Maka barang siapa tiada mendatangi akan kami dan mengambilnya pada masa kami tiada dapat tidak daripada menyesal. Dan yang dikehendaki dengan 'Nun' itu adalah Tarikat Naqsabandiyah, dan 'Qaf' itu adalah tarikat Qadariyah, dan 'Tho' itu adalah Tharikatul Al Anfas, dan 'Jim' itu adalah Thariqatul Al Janid, dan 'Mim' itu adalah Tarikat Al Muwafiqah.

Tanda Datangnya Kiamat
Jika Anda mengerti tentang tashawuf yang dianut kalangan suni, mereka yang menjalani ajaran ortodok sejak zaman sahabat nabi, dan kini pengikut mereka semakin sedikit karena perselisihan ditanah arab. Dan jika Anda tahu tentang tarikat-tashawuf yang berkembang di Indonesia sejak zaman kolonial hingga pemerintahan Soekarno, jumlahnya semakin sedikit sejak era Suharto yang kemudian mengucilkan, menganggap ajaran tarikat-tashawuf sesat, hingga sekarang jumlahnya tak lebih dari 4% di Indonesia. Begitu pula yang sedang terjadi diseluruh dunia. Umat Islam hanya diajarkan ilmu syariat yang hanya mengenal halal-haram, pahala-dosa, surga-neraka, dan itu disebarkan melalui dunia pendidikan modern sementara tiga ilmu lainnya tidak diajarkan. Dari sinilah mengapa umat Islam, para pendakwah yang menjual ayat Allah sering beradu pendapat, karena mereka tidak mengetahui 'Hikmah' sebenarnya.

( Sumber dari Raden Mas Said )

 

Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Komen