TUNJUKKAN KEHAMBAANMU


TUNJUKKAN KEHAMBAANMU
تحقق باوصافك يمدك باوصافه تحقق بذلك يمدك بعزه تحقق بعجزك يمدك بقدرته ثحقق بضعفك يمدك بحوله وقوته
Tunjukkan sifat-sifat (baik)-mu, maka Dia akan membantumu dengan sifat-sifat-Nya. Tunjukkan kehinaanmu, niscaya Dia membantu dengan kemuliaan-Nya. Tunjukkan kelemahanmu, maka Dia membantu dengan kekuasaan-Nya. Tunjukkan ketidakberdayaanmu, maka Dia membantu dengan daya dan kekuatan-Nya. --Syekh Ibnu Atha'illah, Al Hikam.
Tunjukkan sifat-sifat baikmu di hadapan Allah, niscaya Dia akan membantu dengan sifat-sifat-Nya. Akui sifat kehinaanmu, niscaya Dia akan memberimu kemuliaan-Nya sehingga kau akan menjadi mulia, bukan dengan dirimu sendiri. Tunjukkan dan akui saja sifat kelemahanmu di hadapan Allah, niscaya Dia akan membantumu dengan kekuasaan-Nya sehingga kau mampu berbuat apa saja, bukan dengan dirimu sendiri.
Tunjukkan ketidakberdayaanmu di hadapan-Nya, maka Dia membantumu dengan kekuatan dan daya-Nya sehingga engkau menjadi kuat dengan kekuatan-Nya, bukan dengan kekuatan dirimu sendiri.
Demikian pula jika kau tampakkan kebutuhan dan kemiskinan di hadapan-Nya, niscaya Dia akan membantumu dengan kekayaan-Nya.
Seandainya kau duduk di hamparan kehinaan, lalu kau katakan "Wahai yang Maha Mulia, siapa lagi yang memberi kemuliaan kepada yang hina selain diri-Mu?" Saat kau duduk di hamparan kelemahan, lalu kau katakan, "Wahai Yang Maha Kuasa siapa yang memberi kuasa kepada yang lemah selain diri-Mu?" Saat kau duduk di atas hamparan ketidakberdayaan kau katakan, "Wahai Yang Maha Kuat siapa yang memberi kekuatan kepada yang lemah selain diri-Mu?" Saat kau duduk di permadani kemiskinan dan kesulitan, sambil berkata, "Wahai Yang Maha Kaya, siapa yang memberimu kekayaan kepada orang yang miskin selain diri-Mu ya Allah?" Maka, kau akan mendapatkan jawaban-jawaban itu datang berdasarkan kehendak keinginanmu. --Syekh Ibnu Atha'illah, Al-Hikam, syarah Syekh Abdullah Asy-Syarqawi.
Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Komen