4 SIFAT TERCELA YANG ADA DI HATI MANUSIA


Ada orang, dompetnya cantik, harganya seribu. Ada orang, dompetnya lusuh, harganya cuma sepuluh. Dompet yang harganya seribu, dalamnya cuma sepuluh, namun beribu orang sukakannya, Dompet yang harganya sepuluh, dalamnya ada seribu, namun hanya seorang saja yang sukakannya. MAKSUDNYA: Ramai orang gila kepada hal luaran, terlalu sedikit yang ingin menyelami hal dalaman. Maka berbahagialah wahai orang-orang yang menyelami hal "DALAM" kerana SEDAR akan kegilaan luaran.

4 SIFAT TERCELA YANG ADA DI HATI MANUSIA

(إِعْلَمْ أن الصفاتِ المذمومةِ في القلب كثيرةٌ) لأن الإنسان إجتمع عليه أربعة أنواع من الأوصاف وهي السبعية والبهمية والشيطانية والربانية وكل ذالك مجموع في القلب
كتاب : مراقي العبودية ص ٧٦

Ketahuilah sesungguhnya dalam hati terdapat banyak sifat tercela. Karena dalam diri manusia terdapat 4 macam sifat, yaitu sabu’iyyah, bahimiyyah, syaithaniyyah, dan uluhiyyah. Kesemuanya itu terkumpul di dalam hati.”

Keempat sifat manusia berdasarkan penjelasan syekh Nawawi

Pertama, sabu’iyyah (binatang buas). 

Jika manusia dikuasai oleh sifat tersebut, maka bisa jadi dengan mudahnya ia mencelakai, membunuh dan mengorbankan orang lain demi kepentingannya sendiri.

Kedua, bahimiyyah (kebinatangan/jinak). 

Manusia yang dikuasai oleh nafsu ini akan cenderung rakus, tamak, dan tidak puas diri. Sifat ini memungkinkan mendorong kepada kejahatan, seperti mencuri, korupsi, menipu, dan sejenisnya.

Ketiga, syaithaniyyah (sifat setan). 

Setan merupakan makhluk Allah yang kebiasaannya menggoda dan menyesatkan umat manusia. Jika manusia memiliki sifat ini, tentu perbuatannya tidak jauh seperti setan, suka menggoda, dan menyesatkan orang lain.

Keempat, uluhiyyah (sifat ketuhanan). 

Sifat ketuhanan yang dimaksud adalah otoritas Tuhan yang tidak boleh ditiru oleh makhluk-Nya, seperti sombong, memaksa, berkuasa dsb


kitab : muroqi al ubudiyyah hal 76
Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Komen