TENTANG SHOLAT .
____
Tajalli Sholat (Kaji Sholat) diri bathin mempunyai 9 wajah.
Adapun hakekat 17 raka'at dalam Sholat lima waktu sehari semalam mengambil dari lima hal keadaan, yaitu :
ALLAH, MUHAMMAD, ADAM.
...
Perkataan Alif + Ha itu mengandung dua huruf menandakan Sholat Shubuh ...
perkataan Alif + Lam + Lam + Ha (Allah) itu mengisyaratkan kepada Sholat Zhuhur ...
perkataan Mim + Kha + Mim + Dal (Muhammad) itu mengisyaratkan Sholat Ashar ... dan
perkataan Alif + Dal + Mim (Adam) itu adalah mengisyaratkan Sholat Magrib, ...
...
Berawal Sholat Shubuh itu adalah 2 rakaat sebab Tabiat sesuatu itu adalah dengan dua perkara
Yaitu Dzat dan Sifat ..
...
Sholat Zhuhur ada 4 rakaat sebab Tajalli Allah SWT. itu dengan perkara
Yaitu : Dzat… Sifat… Af'al dan Asma ..
...
Sholat Ashar itu 4 rakaat sebab Tajalli Muhammad itu dengan empat perkara
Yaitu : Nur .. Ruh .. Jasad …
Alam semesta ..
...
Sholat Maghrib itu 3 rakaat sebab Tajalli Tuhan itu dengan tiga perkara
Yaitu : Jalal … Jamal dan Kamal ..
...
Sholat Isya itu empat rakaat sebab Tajalli hamba itu dengan empat perkara
Yaitu : Tanah, Angin, Api dan Air ..
...
Sesungguhnya Nur Muhammad itu adalah dari Nur Allah yang di Tajalli dengan Empat Anasir dan Adam a.s. itu dari Nur Muhammad yang ditajalli dengan Empat Anasir Yaitu Tanah Nurani, Angin Nurani, Air Nurani dan Api Nurani.
...
Dan berawal manusia itu adalah daripada Adam a.s. dengan di Tajallikan dengan Empat perkara juga
Yaitu : Maddi, Waddi, Manni, Manikam
Inilah hakekat kejadian awal manusia yang mengandung rahasia diri Allah SWT
...
Mengapa kita harus mengucapkan Dua Kalimah Syahadat 9 kali dalam 5 waktu sembahyang karena diri bathin kita mempunyai 9 wajah.
...
Berawal mengucapkan Dua Kalimah Syahadat satu kali pada Sholat Shubuh adalah karena memberi kesaksian pada wajah diri kita pada Martabatnya Sirusir ..
...
Dua Kalimah Syahadat pada Sholat Zhuhur di baca dua kali sebagaimana memberi penyaksian pada wajah kita pada Martabat Sir dan Ahdah ..
...
Dua Kalimah Syahadah pada Sholat Ashar dibaca dua kali karena memberi penyaksian pada wajah kita pada Martabat Wahdah dan Wahdiah ..
...
Dua Kalimah Syahadah di baca dua kali pada Sholat Maghrib sebab memberi penyaksian pada wajah diri kita pada Martabat Ahmad dan Muhammad ..
...
dan dua kalimah Syahadat pada Sholat Isya' sebab memberi penyaksian pada wajah kita pada Martabat Mustafa…
...
Berawal hakekat niat itu kepala Sholat, dan Al-Fatihah itulah hakekat tubuh Sholat, dan Tahayat itu adalah hati Sholat, dan salam itulah hakekat kaki tangan Sholat, oleh karena itu adalah menjadi satu perkara yang paling penting bagi kita memahaminya.
...
Adapun niat itu letaknya pada Martabat Alif. Yaitu pada SIR yang terkandung didalam Jasad, Taarad, Taawud dan Ta'ayin dan juga niat itu letaknya pada Maqam Ahadiyat ataupun pada Maqam Wahidiyat yaitu suatu keadaan nyata di dalam tidak nyata, oleh karena itu untuk menyatakan apa yang nyata pada Maqam itu maka perlulah dinyatakan dengan perbuatan (Af'al)
Bahwa pada hakekatnya didalam sholat itu telah terkumpul semua rukun islam yang lima yaitu dalam huruf ALHAMDU.
...
Bermula hakekat syahadat didalam Sholat itu adalah terdapat didalam Tahiyat Awal dan Tahiyat Akhir dalam Sholat itu sendiri. Kita pun sering melafazkan kalimah syahadat Tauhid dan Syahadat Rasul tersebut didalam 5 waktu pada 17 rakaat kita Sholat sebanyak 9 kali. Ini maksudnya membuat penyaksian terhadap 9 wajah diri kita, seperti yang telah diterangkan sebelum ini. Kita mengakui bahwa tiada bagi kita untuk mensyirikkan diri kita dengan Allah SWT. Kita juga mengakui bahwa kita tidak mungkin mensyirikkan Allah dengan yang lain dari pada Allah. Maka nyatalah syahadat itu didalam sholat.
...
Adapun hakekat Sholat didalam Sholat adalah hakekat pada perbuatan penyaksian kita terhadap diri batin kita dan diri zahir kita didalam acara Sholat tersebut.
...
Sesungguhnya penyaksian terhadap diri batin dan diri zahir itu hakekat pengertian dan pujian hati antara Dzat dan Sifat, pujian antara diri dengan Empunya diri.
...
Sementara hakekat puasa didalam Sholat adalah meliputi seluruh Sholat tersebut, dimana didalam sembahyang kita tidak boleh makan, tidak boleh minum, bahkan seluruh anggota zahir dan batin berpuasa, maka kita berpuasa telinga kita, berpuasa mata kita, berpuasa hati kita, berpuasa … dan semuanya berpuasa.
Sesungguhnya didalam acara Sholat itulah keadaan berpuasa yang sebenarnya.
...
Adapun hakekat zakat didalam Sholat itu membawa makna pembersihan hati dari pada syirik dengan Allah SWT. Didalam acara Sholat kita beberapa kali berikrar bahwa kita tidak akan sekali-kali syirik dengan Allah,
sebagaimana kita berkata :
Innassholati Wanussuki Wamahyaya Wamamati Lillahi Rabbil Alamin
Artinya :
"Sesungguhnya sholatku, hidupku, matiku hanya bagi Allah Tuhan Semesta Alam".
...
Tidak ada sekutu baginya karena itu aku rela diperintah, dan aku ini adalah termasuk golongan orang-orang yang islam.
Disamping itu kita berkata :
Iyyaka Na’budu Waiyyaka Nasytain
Artinya :
"Kepada Engkau aku menyembah dan kepada Engkau aku minta pertolongan"
...
Oleh karena itu jelaslah bahwa didalam Sholat tersebut tersirat dan tersurat suatu pengertian zakat yang harus dipahami oleh kita semua. Lantas bagaimana hakekat haji didalam Sholat?
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ketika kita menyebut ibadah haji maka sudah tentu kita membayangkan ka'bah.
Haji adalah dimana seluruh manusia menuju ke satu arah yaitu ka'bah . Begitu pula dalam Sholat, dimana Sholat semua orang menuju kearah yang satu yaitu ka'bah. Didalam ibadah haji manusia semua sama derajatnya, kaya, miskin, alim, jahat, sihitam, siputih semua sama, memakai pakaian yang sama di Padang Arafah (ketika wukuf).
Maka pada hakekatnya didalam sembahyang tidak ada yang kaya, yang miskin, semua menghadap yang sama dan semua perbuatan adalah harus dibuat sama, semuanya tunduk kepada Allah Tuhan semesta alam. Jikalau didalam ibadah haji ada tawaf di Baitullah sebanyak 7 keliling. maka didalam hakekat sholat juga ada, tawaf itu letaknya pada Al Fatihah karena Al Fatihah mengandung 7 ayat yang meliputi pada 7 lapis susunan jasad manusia , Yaitu : bulu, kulit, daging, darah ,tulang, lemak dan lender.
Dengan membaca Al Fatihah itu kita menjelajahi seluruh anggota lapisan tubuh kita supaya menjadi satu arah yaitu arah tuju Matlamat hanya Allah semata-mata .

Eza Za / Gumilang Za.
Share on Google Plus

About roslanTv Tarekat

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Catat Ulasan